Pada Pasien Hipertensi, Tidur Siang Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Lho – Ambon Ekspres
Kesehatan

Pada Pasien Hipertensi, Tidur Siang Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Lho

Ketika kurang tidur, menggunakan waktu sejenak untuk memejamkan mata di siang hari amat bermanfaat. Khususnya bagi pasien hipertensi, tekanan darah juga bisa lebih rendah dengan mereka rutin mendapatkan tidur siang.

Studi di Yunani yang dilakukan peneliti di Asklepieion Voula General Hospital menemukan bahwa saat mendapatkan tidur siang, rata-rata tekanan darah sistolik seseorang lima persen lebih rendah, termasuk ketika di malam hari. Demikian diungkapkan kardiolog dr Manlosi Kallistratos dari Asklepieion Voula General Hospital.

Dalam studinya, dr Kallistratos juga menemukan bahwa pasien hipertensi, ketika mendapat tidur siang teratur, mengonsumsi obat anti-hipertensi yang lebih sedikit. Karena tidur siang berpengaruh pada tekanan darah selama 24 jam berikutnya, menurut dr Kallistratos kemungkinan tekanan darah meningkat di malam hari juga menjadi lebih rendah.

“Itu berarti risiko kerusakan arteri dan jantung pun lebih rendah. Seperti kita tahu, tekanan darah yang tinggi amat berpengaruh pada sistem kardiovaskular kita,” kata dr Kallistratos seperti dikutip dari berbagai sumber pada Senin (31/8/2015).

Dengan kata lain, lanjut dr Kallistratos, lebih lama durasi tidur siang maka tekanan darah sistolik pun makin rendah. Tapi, ia tetap mengingatkan jangan pula seseorang berlebihan dalam tidur siang.

Kepada detikHealth beberapa waktu lalu, pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja mengatakan bahwa tidur siang atau napping adalah sebuah kebutuhan. Secara alamiah, jam biologis manusia telah mengatur tubuh untuk mengantuk pada jam-jam setelah makan siang.

Tidur siang adalah naluri alamiah untuk mengembalikan kondisi tubuh, agar kembali bugar secara fisik maupun pikiran. Ide, kreativitas, bahkan semangat dan motivasi akan ngedrop jika tidak disegarkan kembali pada jam-jam tersebut.

“Tidak butuh waktu lama untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Tidur siang selama 15-20 menit atau sering disebut power nap sudah cukup memberikan efek. Bahkan jika terlalu lama, justru membuat badan terasa lebih lemas dan rasanya ingin malas-malasan,” kata pria yang akrab disapa dr Ade ini. (rdn/up)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!