Studi: Kurang Tidur Bikin Orang Jadi Lebih Berisiko Kena Flu – Ambon Ekspres
Kesehatan

Studi: Kurang Tidur Bikin Orang Jadi Lebih Berisiko Kena Flu

Kurang tidur tak cuma berpengaruh pada mood atau suasana hati yang jadi tak menentu lho. Sebuah studi mengungkapkan bahwa tidur kurang dari 6 jam per malam meningkatkan risiko seseorang untuk memiliki sistem imun yang buruk. Efeknya, penyakit pun mudah datang.

Ya, studi ini mengungkapkan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam kemungkinan empat kali lebih berisiko untuk terserang flu, dibandingkan dengan mereka yang rutin tidur minimal 7-8 jam per malam.
Selama ini pola tidur seringkali masih diabaikan.

Padahal menurut para ilmuwan, tidur cukup juga merupakan salah satu dari tiga pilar kesehatan yang perlu diperhatikan. Di mana dua pilar lainnya yakni diet yang tepat dan latihan fisik yang rutin.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan memantau pola tidur dari 164 orang dewasa selama tujuh hari. Mereka kemudian diberi obat tetes hidung yang mengandung virus flu biasa. Para ilmuwan kemudian memeriksa mana saja responden yang terserang flu dan mana yang tidak.

Hasilnya, responden yang kurang tidur yakni tidur kurang dari enam jam per hari, memiliki risiko untuk terkena pilek sebanyak empat kali lebih tinggi.

Penulis studi ini sekaligus asisten profesor psikiatri di University College San Francisco, Aric Prather, mengatakan bahwa temuan tersebut menambah bukti yang menekankan betapa pentingnya tidur untuk kesehatan.

“Bukan sekadar membuat seseorang jadi mudah marah. Kurang tidur juga memengaruhi kesehatan fisik Anda. Pola tidur bahkan bisa memprediksi kerentanan seseorang terhadap virus flu,” tutur Prather, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (2/9/2015).

Disebutkan bahwa tidur telah ditemukan berperan penting dalam mengatur kadar sel T yang melawan infeksi dalam tubuh. (ajg/vit)

Most Popular

To Top