UKIM Menuju Akreditasi B – Ambon Ekspres
GMGM

UKIM Menuju Akreditasi B

Rektor Univeristas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Dr. Cornelis Adolof Alyona, M.Th mengatakan pihaknya terus berupaya mengembangkan lembaga pendidikan yang dipimpinya. Berbagai upaya dilakukan salah satunya dengan menaikan status akreditasi universitas dari akreditasi C menjadi akreditasi B.

Demikian disampaikan Rektor Ukim usai memimpin sidang senat terbuka luar biasa dalam rangka memperingati Dies Natalis UKIM ke-30 tahun yang berlangsung di audiotorium kampus UKIM Ambon, Selasa (1/9).

Kedepan, kata rektor, kampus UKIM akan terus dikembangkan terutama dalam peningkatan akreditas sejumlah program studi dan akreditas institusi kampus.

“Kami sementara menyiapkan dokumen akreditasi dan nantinya sebelum diserahkan ke badan akreditas nasional maka secara internal akan dilakukan simulasi dengan tujuan agar mendapatkan saran dan masukan hal-hal apa saja yang masih perlu dilengkapi sebelum tim assessor melakukan kajian,” kata dia.

Sementara itu, diakuinya dari 12 prodi saat ini sebanyak 7 prodi telah terakreditasi B. “Saat ini sebanyak 7 prodi telah terakreditasi B dan sisinya masih dalam proses peningkatan akreditasi,” akuinya.

Lanjutnya, dari 5 program studi terdapat 3 prodi yang belum memiliki akreditasi karena sebagai prodi baru dibuka dan belum memiliki lulusan (output) sebagai salah satu persyaratan akreditasi namun pihaknya optimis dalam hitungan setahun kedepan setelah ada lulusan 3 prodi tersebut akan terakreditasi.

“Ada tiga prodi yang belum memiliki akreditasi yakni 1 prodi di fakultas teknik dan 2 prodi pada fakultas kesehatan,” rincinya.

Orang nomor satu di kampus UKIM Ambon ini berharap dengan segala upaya yang dilakukan hasil akreditasi institusi kampus UKIM dari akreditasi C dapat naik menjadi akreditasi B pada tahun depan. “Tahun depan kita berharap UKIM telah terakreditasi karena itu dokumen akreditasi karena itulah kami terus berpacu dengan akreditasi,” tutupnya. (SAT)

Most Popular

To Top