DPS Pilkada Kelar, AKP Mulai Dilelang – Ambon Ekspres
Trending

DPS Pilkada Kelar, AKP Mulai Dilelang

AMBON,AE— Komisi Pemilihan Umum kabupaten Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada. Sementara itu, Alat Peraga Kampanye (APK) juga sudah dilelang.

Ketua KPU Kabupaten Seram Bagian Timur, Kisman Kilian, saat dihubungi Ambon Ekspres via telepon, Jumat (4/9), mengatakan, DPS 14 kecamatan telah ditetapkan dalam rapat pleno di kantor KPU SBT, 2 September lalu. Sedangkan DPS untuk kecamatan Pulau Gorom, baru akan diplenokan hari ini.

“Untuk pulau Gorom, kita terkendala transportasi. Makanya saat ini kami sedang menunju kecamatan Pulau Gorom mengambil dokumen DPS untuk dibawa ke Bula dan ditetapkan dalam rapat pleno. Saat ini kami sudah sampai Geser,”kata Kisman.

Kisman menyebutkan, DPS 14 kecamatan sebanyak 77.600 orang lebih. Bila gabungkan dengan DPS Pulau Gorom dan Gorom Timur, maka DPS Pilkada SBT diperkirakan mencapai 80.000 hingga 90.00. ”Kami perkirakan mencapai angka itu,” katanya.

Setelah ditetapkan, jelas Kisman, DPS akan dikembalikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk diumumkan ke publik selama 10 hari. Masyarakat diberikan kesempatan untuk mengecek nama, tanggal lahir, alamat dan identitas kependudukan lainnya.

“Hasil pengecekan itu akan diverifikasi dan diperbaiki untuk ditetapkan secara berjenjang sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada. Kemudian diumumkan kan lagi ke publik. Kalau misalnya di dalam DPT, tidak ada nama yang terdaftar, warga yang memenuhi syarat bisa mengggunakan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mencoblos,” jelasnya.

Terkait Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon, sekretaris KPU SBT, Bakri Mony S.Pd, mengaku, sudah dimasukan dalam pengumuman tender di Lembada Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) provinsi Maluku. ”Alhamdlillah hari saya ditelepon oleh salah satu staf yang saya tugaska ke Ambon, bahwa sudah dimasukan ke LPSE Provinsi Maluku,” kata Mony.

Dia menjelaskan, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 7/2015 tentang kampanye, APK yang ditanggung oleh KPU diantaranya spanduk, baliho, umbul dan stiker. Jumlahnya, 2 spanduk tiap desa untuk masing-masing pasangan calon, 5 baliho bagi setiap paslon. “Spanduk, akan dicetak untuk 192 desa di SBT. Sementara 5 baliho per paslon untuk tiap kecamatan. Jadi kamu lalukan semuanya sesuai PKPU,” paparnya.

Disebutkan, anggaran yang dipakai untuk pengadan APK sebesar Rp600 juta lebih. Terkait waktu lelang hingga percetakannya, dia mengaku semuanya rampung pada 24 Oktober.

“Waktu pelelangan maksimal 45 setelah diumumkan. Tetapi sesuai kesepkatan antara KPU dan penghubung, ditargetkan sekitar tanggal 24 Oktober kontraktraktor sudah selesai mencetak dan didistribusikan,” katanya, sembari menambahkan. ”Soal logistik lain berupa surat suara dan kotak suara, akan diadakan setelah penetapan DPT.”

Ketua KPU Buru Selatan, Said Sabi, mengungkapkan, jumlah DPS Pilkasa SBT sekitar 49.000 orang. ”Setelah itu dikembalkan ke PPS melalui PPK untuk diumumkan pada lokasi-lokasi yang telah diumumkan. Jadi selama 10 hari, masyarakat akan melihat dan mengecek langsung nama-nama mereka, apakah sudah ada dan benar atau belum,”kata Sabi.

Sabi menambahkan, sesuai jadwal, DPT akan ditetapkan 12 Oktober. Selanjutnya, disampaikan kepada masyarakat untuk melakukan pengecekam kembali. ”Setelah itu baru ditetapkan sebagai DPT. Nanti kalau ada belum terdata, maka bisa masukan dalam DPT tambahan dengan menggunakan KTP atau identitas lainnya,”katanya.

Soal APK, kata dia, pihak sekretariat KPUD Bursel telah mengumumkannya. Total dana yang dipakai untuk pencetakan APK sekitar 300 juta.”Kemarin sudah diumumkan. Anggarannya sekitar 200 juta lebih,” akunya.

Komisioner KPU Provinsi Maluku divisi teknis, La Alwy, mengatakan, KPU Aru dan MBD juga telah menetapkan DPS. Hanya saja hingga tadi malam, dia belum mengetahui jumlah DPS Pilkada MBD. “DPS Pilkada Aru sebanyak 58.772 yang terdiri dari laki-laki 30.011 dan perempuan 28.771 orang. Untuk MBD, saya belum tahu,” katanya.
(TAB)

Most Popular

To Top