105 WNA Dipulangkan – Ambon Ekspres
Trending

105 WNA Dipulangkan

Pemerintah Thailand dan Myanmar kembali memulangkan warganya yang bekerja di Maluku. Sekitar 105 orang, Sabtu (6/9) malam dipulangkan melalui Bandara Internasional Pattimura, Ambon. Mereka dikawal ketat pihak Imigrasi.

Mereka diberangkatkan dari beberapa titik menuju Ambon, sebelum terbang ke Negara masing-masing. Rata-rata diangkut dari Benjina. Mereka ini, bagian dari proses pemulangan yang sudah dilakukan pemerintah Myanmar maupun Thailand sejak awal tahun ini.

Banyak pekerja asal Myanmar bekerja di Benjina, Kepulauan Aru, sampai terungkap perbudakan disana. Pemerintah Myanmar dan Thailand sempat turun melakukan investigasi ke Benjina. Disana mereka menemukan beberapa kuburan yang diduga, warga Myanmar. Namun sampai kemarin, belum terungkap kebenaran adanya perbudakan.

Untuk kasus perbudakaan, polisi sudah menetapkan beberapa orang termasuk seseorang yang disebut-sebut pelaku eksekusi terhadap warga asing di Benjina, sebagai tersangka. Namun bagaimana proses hukumnya, polisi belum mempublikasi lebih lanjut.

Sabtu (6/9) malam 105 WNA itu langsung diberangkatkan menggunakan pesawat carteran Lion Air. Pesawat ini disewa khusus pemerintah Myanmar untuk pemulangan warganya. “Jadi mereka dibantu pemulangannya oleh pemerintah Myanmar,” ungkap kepala Imigrasi Ambon, Nanang Koestrandjanton, kepada wartawan, Sabtu (6/9) malam di Bandara Pattimura. (ERM)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!