Meja Makan Sepanjang 2,3 Kilometer – Ambon Ekspres
Trending

Meja Makan Sepanjang 2,3 Kilometer

Ambon, AE.—Di ujung rangkaian pelaksanaan HUT Kota Ambon yang ke 440, pemerintah ingin menorehkan prestasi dunia. Bukan soal kinerja birokrasi, bukan juga terkait sesuatu yang istimewa, tapi menciptakan meja makan terpanjang di dunia.

Temanya makan patita. Makan patita, adalah salah satu budaya orang Maluku, dengan mengajak warga dalam jumlah banyak untuk ikut menikmati hidangan makanan. Makanannya berasal dari pangan tradisional asal Maluku, seperti umbi-umbian, pisang, sayur-sayuran, dan ikan.

Pelaksanaannya digelar hari ini, Senin, (7/9). tujuannya tercatat pada Museum Rekor Indonesia (MURI). “Kami ingin kegiatan ini tercatat pada museum rekor Indonesia,” ungkap Ketua Panitia HUT Kota Ambon ke-440, Brury Nanulaitta, kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Sabtu (5/9).

Untuk dapat memecahkan rekor MURI tersebut, katanya, panitia akan menggelar meja makan sepanjang 2.312 meter dengan menggunakan sekitar 154 meja. 154 meja tersebut akan ditempatkan pada sejumlah ruas jalan di Kota Ambon, yaitu, jalan AY Patty, AM Sangadji, Anthony Reebok, Philip Latumahina, Said Perintah, dan Sultan Hairun.

“Dengan menggelar meja makan sepanjang 2.312 meter, kami berharap, makan patita ini dapat memecahhkan rekor MURI yang dibuat di Surabaya pada 2009 lalu untuk kategori meja makan terpanjang,” ujarnya.

Menurut Nanulaitta, makan patita merupakan tradisi makan bersama yang telah ada di tengah masyarakat Kota Ambon dan Maluku secara umum, yang menekankan pada sisi kebersamaan dan keramahtamahan.”Ini merupakan tradisi kita,” terangnya.

Menu yang disajikan pada meja makan patita tersebut merupakan berbagai jenis kuliner khas Maluku, seperti, pisang rebus, kasbi rebus, ikan asar, colo-colo dan lain sebagainya.

Panitia telah berkoordinasi dengan lima kecamatan yang ada di Kota Ambon, yaitu, Kecamatan Sirimau, Nusaniwe, Leitimur Selatan, Baguala dan Teluk Ambon. “Kita akan libatkan semua masyarakat dari lima kecamatan yang ada di Kota Ambon untuk menyukseskan acara ini,” pungkasnya.
(PRO2)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!