Surat Imunisasi Bakal Jadi Syarat Masuk Sekolah – Ambon Ekspres
Amboina

Surat Imunisasi Bakal Jadi Syarat Masuk Sekolah

AMBON AE.—Sesuai ketentuan pemerintah pusat, tahun 2016 mendatang akan diberlakukan surat imunisasi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi orang tua jika hendak mendaftarkan anaknya masuk Sekolah Dasar (SD). Ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk memaksakan orang tua memberikan imunisasi bagi anaknya secara rutin.

“Nantinya di tahun 2016, buku rapor itu akan menjadi catatan orang tua terhadap anak untuk imunisasi. Saya sangat optimis terobosan baru yang di ambil pemerintah yang mengharuskan anak usia dini masuk sekolah harus disertai dengan surat imunisasi,” tandas Wakil Ketua Komisi I DPRD Ambon, Leonora Eka Far Far kepada Ambon Ekspres, di Balai Rakyat Belakang Soya, Jumat (4/9).

Menurut dia, kebijakan ini perlu diapresiasi karena telah mewajibkan seluruh pendaftaran calon siswa baru memiliki surat imunisasi. Sehingga bukan saja untuk masuk SD, tetapi bisa diberlakukan bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun Taman Kanak-kanak (TK).

Dengan berlakunya kebijakan tersebut, sambung Leonora, akan menjadi dasar yang lengkap dan wajib dilakukan orang tua siswa pada anak. Ini agar kekebalan anak bisa terjamin ketika duduk di bangku pendidikan. “Ini sesuai dengan surat edaran Presiden Joko Widodo yang menyatakan seperti itu.

Jadi harus di jalankan. Orang tua harus memiliki surat tersebut agar anak-anak yang mendaftar di sekolah masing-masing tidak sulit. Jika orang tua tidak memiliki surat tersebut, maka orang tua tidak bisa mendaftarkan anak-anaknya untuk bersekolah,” terang Leonora.

Menurutnya, surat imunisasi sangat penting dan bertujuan untuk menjamin tumbuh kembang anak-anak yang disertai dengan kekebalan tubuh yang baik agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

‘’Di Kota Ambon sendiri, masih banyak orang tua yang tidak menghiraukan kesehatan anaknya dengan tidak memberikan imunisasi yang teratur. Olehnya itu dengan kebijakan tersebut, bisa merangsang pola pikir orang tua untuk lebih peduli terhadap anak-anaknya,’’ tegas dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Ambon, Christianto Laturiuw menambahkan, pastinya DPRD Ambon sangat menyetujui dan mendukung kebijakan pemerintah yang peduli terhadap masyarakat khususnya bagi kesehatan anak-anak. Namun, kebijakan tersebut diusahakan agar tidak memberatkan masyarakat.

“Tentu kita dukung. Tapi perlu menjadi perhatian pemerintah agar ini tidak memberatkan orang tua ketika anaknya diimunisasi. Tidak ada anggaran yang memberatkan orang tua. Kalau bisa ada upaya dari pemerintah agar imunisasi bisa dijangkau seluruh orang tua, khususnya bagi yang ekonomi lemah,” ingatnya.

Politisi Gerindra ini mengaku, imunisasi merupakan langkah yang baik untuk menjaga stabilitas kesehatan anak. Tetapi perlu ada upaya dari pemerintah sejak dini untuk mempersiapkan langkah-langkah apa yang akan diambil sehingga di tahun berikutnya tidak menyulitkan para orang tua murid ketika ingin mendaftarkan anaknya mengikuti pendidikan dasar.

“Kita harap, jika ingin menjalankan kebijakan tersebut, maka sudah mulai mengatur langkah-langkah kedepan. Agar nantinya masyarakat tidak dibebankan dengan upah ketika ingin memberikan imunisasi rutin bagi anaknya,’’ pungkas dia. (ISL)

Most Popular

To Top