Atlet Muaythai Maluku Gondol Tiga Medali Emas di Kejurnas – Ambon Ekspres
Olahraga

Atlet Muaythai Maluku Gondol Tiga Medali Emas di Kejurnas

Albert : Lima Atlet, Lima Medali

AMBON, AE.—Kurangnya anggaran tak membuat atlet Muaythai Maluku minim prestasi. Terbukti, mereka berhasil tampil bringas saat tampil di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Muaythai di Mataram yang berakhir Senin (7/9) malam lalu.

Ketua Umum (Ketum) MI (Muaythai Indonesia) Maluku, Albert Fenanlampir memaparkan, pada kejuaraan yang berlangsung sejak 1 September itu, para atletnya sukses mengumpulkan tiga medali emas dan dua perak.’’ Dari lima petarung yang dikirim, semuanya pulang dengan membawa medali,’’ beber Albert kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.

Albert merincikan, tiga medali emas diraih oleh Roberto Tomasoa (under 30 kg), Juan Huwae (under 45 kg) dan Lorens Walun (under 60 kg). Sementara dua perak dipersembahkan oleh Yulia Tomasoa (under 51 kg), Solfin Jacklin Souhuwat yang turun di under 45 senior.

’’ Ini (tiga emas) target awal kami dan puji Tuhan, bisa terealisasi. Jadi lima atlet yang dikirim, semua dapat medali,’’ ucapnya bangga.’’ Kami baru setahun masuk KONI Maluku. Namun kami (atlet) menorehkan sebuah prestasi. Ini luar biasa,’’ lanjutnya.

Dijelaskan Albert, torehan prestasi yang diraih atletnya sangat membanggakan karena persiapan minim dan anggaran yang pas-pasan.’’ Anggarannya urunan dari pengurus dan keberangkatannya kemarin menggunakan anggaran pribadi. Meski minim anggaran, kami tunjukkan prestasi,’’ ungkapnya.

Bahkan, kata mantan Sekum KONI Maluku ini, selain mengukir prestasi tingkat nasional, atlet bianaannya, Roberto Tomasoa juga dinobatkan sebagai atlet putra terbaik dikejuaraan itu. Torehan tersebut sekaligus menjadi tiket untuk mengikuti kejuaraan muaythai tingkat asia di Jakarta, Oktober mendatang.’’ Ya, Roberto akan mewakili Indonesia di kejuaraan Asia di Jakarta bulan depan,’’ jelasnya.

Albert mengatakan, prestasi yang diraih atlet anak binaannya bukan untuk pertama kalinya sebab pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas)  di Jakarta telah mengharumkan nama daerah ini.’’ Setiap event kejurnas, atlet MI Maluku selalu meraih emas. Ini lah yang membuat saya bangga,’’ terang dia.

’’ Terima kasih untuk Lidya Parera (manager) dan Cristin Oktolseya (pelatih) karena telah memberikan yang terbaik untuk atlet,’’ lanjut dia.

Intinya, imbuh Albert, torehan tiga emas dan dua perak tersebut adalah bentuk bukti bahwa atlet Muaythai Maluku memiliki potensi dan patut untuk diberi perhatian.’’ Kedepan masih banyak event-event yang akan diikuti oleh mereka (atlet). Tentunya, dukungan dari semua pihak yang saya harapkan,’’ demikian Albert. (ZAL)

Most Popular

To Top