Bupati Berharap Kiprah Dharma Wanita Lebih Baik – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Bupati Berharap Kiprah Dharma Wanita Lebih Baik

Bupati Buru Ramly Umasugi berharap Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Buru lebih berkontribusi lagi membantu pemerintah mensejahterakan masyarakat. Harapan ini disampaikan saat menghadiri kegiatan Musyawarah Daerah III Dharma Wanita Kabupaten Buru yang ditutupi, Selasa kemarin.

Kegiatan pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) Dharma Wanita Persatuan Buru itu juga dihadiri para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Buru beserta muspida Buru. Kegiatan ini dipusatkan di aula Kantor Bupati Buru.

Bupati selaku penasehat Dharma Wanita Persatuan (DPW) Kabupaten Buru mengingatkan, hal yang paling penting dalam suatu organisasi adalah kinerja dan kreativitas setiap anggota.

“Organisasi Dharma Wanita ini harus mampu berkiprah nyata dengan menjadi organisasi yang berkualitas, mandiri dan dapat diandalkan untuk mendukung program pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan yang telah dicanangkan,” ujarnya.

Lanjut Bupati, selain itu Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Buru juga harus mengemban amanat yang diberikan, yakni berkiprah secara optimal yang berlandaskan visi dan misi organisasi itu sendiri.
“Diharapkan di Musda ini terjalin suatu kesepahaman mengenai cara meningkatkan kualitas SDM, khususnya untuk wanita yang ada di Kabupaten Buru,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, sebagai suatu organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina isteri Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga merancang kegiatan dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.

Bupati mengatakan, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan Dharma Wanita Persatuan yakni, mengkonkritkan segala bentuk program pemerintah dan program yang dikembangkannya sendiri agar sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat.

Menggugah dan menggerakan partisipasi masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam upaya memberdayakan masyarakat itu sendiri, serta terjadinya harmonisasi organisasi Dharma Wanita Persatuan pada seluruh tingkatan organisasi dalam mengembankan fungsinya dalam mensejahterahkan anggota dan keluarga, serta masyarakat.

Bupati mengakui, dalam perjalanan organisasi DWP Kabupaten Buru, secara objektif harus diakui bahwa selama ini telah banyak memberikan kontribusi positif dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah daerah, seperti pengembangan lembaga pendidikan TK dan PAUD, pengembangan usaha ekonomi perempuan dan koperasi.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati berharap pelaksanaan Musda ini dapat menghasilkan ketua DWP yang baru periode 2014-2019 dan tersusunnya program kerja tahunan.

“DWP dalam mengembangkan kegiatannya tidak mesti berdiri sendiri melainkan tetap bermitra secara sinergis dengan jajaran pemerintah daerah, serta organisasi atau lembaga kemasyarakatan lainnya,” ingat Bupati.

Bila kemitraan seperti itu dapat dikembangkan, lanjutnya, maka akan tercipta proses saling belajar dan melakukan upaya bersama untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. (CR8)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!