Harga Bawang Kembali Naik – Ambon Ekspres
Amboina

Harga Bawang Kembali Naik

AMBON, AE.—Harga bawang merah yang ditawarkan pedagang pada sejumlah pasar tradisional di Kota Ambon masih tetap bertahan dengan harga  Rp 32.000 per kg dari sebelumnya Rp 28.000 per kg. Hasil pemantauan di lokasi Pasar Mardika, Senin, (7/9) harga bawang yang ditawarkan relatif tinggi. Bawang merah dijual seharga Rp 32.000 per kilo sedangkan bawang putih Rp20.000 per kilo.

Nur (45) seorang pedagang bawang mengaku, belum ada perubahan harga dari agen sehingga di pasar ikut naik. Namun, ada pedagang yang menjual bawang merah seharga Rp30.000 per kilo, karena masih memiliki stok lama.

“Harga bawang belum stabil atau masih bervariasi. Ada yang menjual dengan harga Rp30.000 ada yang Rp32.000 per kilo, begitu juga bawang putih ada yang Rp20.000 per kilo dan ada yang Rp 22.000,”akuinya.

Ny Na (45) salah satu distributor bawang mengatakan, harga bawang merah maupun putih yang selama ini didatangkan dari Surabaya belum ada perubahan. Kalaupun di pasar ada kenaikan sebesar Rp2.000 tiap kilogram itu karena pedagang mau mencari keuntungan saja guna menutupi kerugian yang dikeluarkan untuk membayar buruh yang membersihkan serta mengangkut bawang.

BACA JUGA:  Harga Bawang Naik Turun

“Biasanya pedagang eceran di pasar menggunakan tenaga guna membersihkan bawang dengan harga Rp.2500 per kilo. Bila pedagang eceran membeli dari agen bawang merah sebanyak satu karung ukuran 20 kg seharga Rp.440.000, dan setelah dibersihkan untuk siap dijual hasilnya kurang lebih sebanyak 18 kg, kemudian membayar buruh yang membersihkan sebesar Rp.45.000 dengan perhitungan Rp.2.500 tiap kilo gram,”katanya.

Pedagang lain, Amir(35) mengatakan, tingginya harga bawang di Ambon, membuat penghasilannya menurun. Hal ini karena daya beli masyarakat untuk membeli bawang tidak seperti sebelum terjadi kenaikan. “Kalau mengeluh tidak juga, mereka juga kan paham kalau harga bawang ini terjadi di semua daerah. Hanya saja, akhir–akhir ini daya beli masyarakat agak menurun sehingga berpengaruh terhadap penghasilan kami,” ujarnya.

Belum ada perubahan harga bawang di tingkat sentra, lanjutnya, karena itu bawang yang didatangkan dari Surabaya dari agen menjual kepada pedagang eceran dengan harga Rp 22.000 per kg, untuk bawang merah dan bawang putih Rp16.000 per kilo. “Heran juga. Sebab ada saja pedagang mau mencari keuntungan dengan menaikkan harga, padahal stok di pasar masih sangat cukup,”tandasnya. (IWU)

Most Popular

To Top