Saleh Thio Mundur, 6 Calon Terdaftar – Ambon Ekspres
Trending

Saleh Thio Mundur, 6 Calon Terdaftar

AMBON, AE— Daftar nama calon sekretaris daerah provinsi ( Sekprov) Maluku semakin ramai. Hingga kemarin, Panitia Seleksi ( Pansel) telah menerima berkas pendaftaran dari  tujuh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melamar untuk menggantikan posisi Ros Far-Far di kursi Sekprov. Dan mulai hari ini, Pansel memverivikasi berkas pendaftar.

Pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 11 bulan ini. Kepala dinas pendidikan dan kebudyaan M. Saleh Thio memilih mundur sebelum mendaftar.

Sebelumnya, para ASN yang telah mendaftar adalah Wakil walikota Ambon M.A.S. Latuconsina, Asisten Pengembangan Ekonomi, Investasi, Keuangan dan Administrasi Pembangunan Setda Maluku  Zedek Sangadji,  Staf ahli gubernur Maluku bidang Pembangunan Hallatu Roy,  kepala biro pemerintahan  provinsi Maluku Hamin Bin Thahir. Kemarin, jumlah itu bertambah dengan mendaftarnya Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Buru, Umad Muhammad, kepala dinas kesehatan provinsi Maluku Mike Pontoh, dan kepala  Balai Besar Kehutanan Makassar,  Hengki Koedoeboen.

“Kepala dinas kehutanan kabupaten Buru,  mendaftar pagi ini (kemarin-red),” ungkap kepala badan kepegawaian daerah (BKD)  provinsi Maluku, Maritje Lopulalan di kantor gubernur Maluku, Selasa ( 8/9). Dijelaskan, memang sesuai agenda Pansel, pengumuman pendaftaran  sampai dengan tanggal 8, kemarin. Selanjutnya Pansel akan memverifikasi berkas para pendaftar. Tapi, Pansel memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran sampai tanggal 11 September, guna mendapatkan lebih banyak calon.

“Pemberkasan atau verifikasi berkas itu sampai dengan tanggal 11. Dan dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 11 nanti, masih bisa mendaftar,” kata anggota Pansel calon Sekprov Maluku itu. Setelah tanggal 11, Panitia masih memiliki waktu sampai tanggal 17 September untuk memverifikasi berkas para pendaftar. Selanjutnya dilakukan seleksi tahap berikutnya, diantaranya seleksi wawancara.

Namun, lanjut anggota Pansel Sekprov Maluku itu, bila jumlah pendaftar yang lolos seleksi berkas kurang dari tiga orang maka Pansel akan memperpanjang masa pendaftaran lagi. “Kalau hanya dua orang, kita akan perpanjang pendaftaran lagi,” ungkapnya.
Dikatakan, setelah menetapkan tiga nama ASN yang lolos semua tahapan seleksi, akan dilaporkan oleh Pansel kepada gubernur Maluku, Said Assagaff selaku Pejabat pembina kepegawaian. Setelah gubernur menelaah hasil kerja Pansel,  selanjutnya Pansel berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara. Berikutnya,  hasil koordinasi tentang tiga nama calon yang dinilai layak, dilaporkan kepada gubernur.

“Selanjutnya disampaikan kepada presiden melalui menteri dalam negeri oleh bapak gubernur,” katanya.
Sebelumnya, ketua Pansel  Thomas Pentury mengungkapkan, bila dalam masa verifikasi berkas nanti, Pansel menemukan kekurangan dalam berkas pendaftar maka Pansel akan mengembalikan berkas kepada pendaftar untuk melengkapi yang masih kurang, dan harus mengembalikan kepada Pansel sebelum batas waktu verifikasi berkas berakhir.

Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) itu juga memastikan, proses seleksi akan berjalan sesuai mekanisme yang berlaku. Pansel akan tetap bekerja profesional,  menjauhkan diri dari intrvensi atau tekanan dalam bentuk apa pun dan dari siapa pun. Sebab, selama seleksi berlangsung, Pansel diawasi komisi ASN.

“Jadi, kalau ada ( pendaftar-red) yang merasa keberatan dengan hasil seleksi, bisa mengajukan keberatan kepada  ASN,” katanya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Maluku M. Saleh Thio memilih untuk tidak mewujudkan rencananya, mendaftar sebagai calon Sekeprov Maluku. Tidak diketahui alasan Thio membatalkan rencannya tersebut. Saat ingin dikonfirmasi, Thio enggan memberikan penjelasan. Namun, sumber lain menyebutkan, pilihan Thujo tersebut, karena masih ingin fokus dalam menunaikan tugasnya sebagai orang nomor satu di dinas Pendidikan Maluku. (MAN)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!