Jadi Muara Kreativitas Bagi Seniman Maluku – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Jadi Muara Kreativitas Bagi Seniman Maluku

DINAMIKA perkembangan seni rupa di Maluku semakin jauh dari harapan. Secara rill tergambar bahwa, sesungguhnya masih minim kuantitas, rendah apresiasi serta rendah kualitas. Padahal di satu sisi dewasa ini, dunia kesenian mengalami perkembangan yang  begitu pesat termasuk di Indonesia.

Seni rupa juga mengalami hal yang sama, sebut saja sistem gradasi warna, desain grafis, patung yang sudah semakin canggih desain maupun pekerjaannya dimana para seniman mulai menggarap karya-karyanya dengan sentuhan teknologi.

“Dengan memberikan ruang serta pendidikan mengenai seni rupa, sesungguhnya merupakan salah satu upaya untuk daerah ini, khususnya generasi muda bisa kreativitas ketika berada dalam era ekonomi kreatif,” ungkap Kepala Museum Siwalima, Jean Saiya.

Menurutnya, seni rupa sebenarnya sangat memberikan kontribusi positif bagi generasi muda. Seni rupa bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi justru sebaliknya. “Oleh sebab itu dunia pendidikan harus memainkan peran aktif, sehingga ikut meningkatkan bidang seni di daerah ini. Dan Maluku diharapkan akan menjadi sebuah ruang edukasi bagi generasi muda, untuk karya-karya yang ditampilkan serta dapat mendorong tumbuhnya minat dalam dunia seni rupa,” tandasnya.

Sementara, dari realita yang ditemukan seniman dalam bidang seni rupa di Maluku masih sangat kurang, baik itu pelukis, pematung, kriya dan lainnya juga masih kurang. “Hal ini terjadi karena, kita tidak memiliki banyak ruang untuk mengekspresikan kekuatan seni rupa tersebut,”tambahnya.

Misalnya, kata Saiya, dengan diadakan kegiatan pameran Seni Rupa. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan serta menumbuhkan minat generasi muda, khususnya masyarakat terhadap perkembangan seni rupa di Maluku.

Selain itu, untuk memacu kreativitas dan produktivitas karya perupa, meningkatkan wawasan dalam menghasilkan karya seni rupa yang bermutu dan berkualitas untuk menghadapi era industri seni budaya.

“Memdoorng krativitas mereka (seniman) dengan memberi ruang apresiasi terhadap karya-karya seniman yang ada di Maluku dan juga memupuk bakat anak didik dalam bidang seni rupa tersebut,” ungkapnya.

Pameran seni rupa yang memang sering dilakukan oleh instansi yang memang memiliki peran terkait hal ini, misalnya Taman Budaya. Lewat kegiatan-kegiatan seperti itulah, diharapkan menjadi dan memiliki nilai penting dalam proses kreatifitas, terutama bagi perupa Maluku.

Dengan mendapat tempat untuk memajakan karya-karya dan diapresiasi dengan baik oleh masyarakat, pameran menjadi sebuah muara kreatifitas bagi seniman,” tutupnya. (IWU)

Most Popular

To Top