16 Desa Belum terima Dana Desa – Ambon Ekspres
Amboina

16 Desa Belum terima Dana Desa

Sekitar 16 desa di Kota Ambon belum menerima Dana Desa (DD) akibat tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan pemerintah pusat. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kota Ambon, Robby Silooy, kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (15/9).

Dia mengatakan, dari 30 desa dan negeri yang ada di Kota Ambon, baru 14 desa yang memenuhi syarat untuk menerima alokasi Dana Desa dari pemerintah pusat.

14 desa atau negeri yang telah menerima DD, diantaranya, Desa Laha, Poka, Hative Besar, Hative Kecil, Passo, Leahari, Amahusu, Hatalai, Rutong, Rumah Tiga, Waiheru. Sementara Desa Ema dan Nania, masih dalam proses.

Menurut Silooy, syarat yang harus dipenuhi setiap desa untuk dapat menerima DD adalah memasukan rancanangan Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Desa kepada pemerintah, sebagaimana isyarat Undang- Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, yang didalamnya terdapat kebijakan pendanaan yakni trasfer langsung Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

“Dari 30 desa atau negeri yang ada di Kota Ambon, baru 14 desa yang telah mendapat kucuran DD dari pemerintah pusat.

Sementara dua desa masih dalam proses pengucuran, 14 desa sisa belum memenuhi syarat,” ungkap Silooy.
Dia mengatakan, pemerintah pusat telah menyiapkan sekitar Rp 9,6 miliar untuk 30 desa penerima DD di Kota Ambon.

Tapi yang tersalurkan baru Rp 3,2 Miliar saja untuk 14 desa, dengan rasio per desa menerima DD sekitar Rp 321 juta.

Sisanya, katanya, bila pemerintah desa atau negeri tidak dapat memasukkan syarat yang ditentukan, anggaran DD akan dikembalikan ke Pempus.

Untuk itu, dia berharap, pemerintah desa yang belum menerima DD dapat segera memasukan persyaratan yang diminta.

“Kami berharap semua desa atau negeri di Kota Ambon dapat memenuhi persyaratan untuk mendapatkan kucuran DD dari pemerintah pusat. Kalau tidak, desa itu akan sangat rugi karena dananya akan dikembalikan ke pusat,” pungkasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!