Muncul Benjolan pada Tubuh, Waspada Kanker Limfoma – Ambon Ekspres
Kesehatan

Muncul Benjolan pada Tubuh, Waspada Kanker Limfoma

Perubahan sedikit saja pada tubuh harus ditanggapi dengan bijak karena bisa jadi itu pertanda suatu penyakit. Misal saja adanya kemunculan benjolan pada tubuh.

Kemunculan benjolan ini bisa karena berbagai macam hal dan salah satu penyebab umumnya mungkin karena adanya radang. Namun demikian jangan dianggap enteng kondisi karena bisa juga tanda penyakit yang lebih serius seperti kanker.

Dr dr Andhika Rachman, SpPD, KHOM, FINASIM, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan salah satu jenis kanker yang memiliki gejala benjolan ini adalah kanker limfoma. Benjolan bisa muncul di mana-mana sepanjang getah bening sehingga sulit untuk mendiagnosa kanker secara spesifik.

“Jadi sebenarnya yang bermasalah itu kelenjar getah bening. Dia itu (kelenjar) ada di mana-mana jadi bisa muncul di otak bisa, di mulut bisa, dan paling sering di leher,” kata dr Andhika dalam seminar Peringatan Hari Limfoma di hotel Double Tree, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2015).

Bila benjolan muncul pada payudara seseorang mungkin akan berpikir kanker payudara, oleh karena itu diakui oleh dr Andhika bawah limfoma di kalangan profesional medis sendiri sering salah diagnosa. Ini adalah salah satu alasan mengapa tes biopsi sering dilakukan untuk mengkonfirmasi kanker.

Bila seseorang curiga dengan kemunculan benjolan di tubuhnya, dr Andhika menyarankan untuk berpikir positif dan konsultasi ke dokter.

“Jangan langsung mikir kanker. Pikirkan dulu yang pertama mungkin ada infeksi terus peradangan,” pungkasnya.(fds/up)

Most Popular

To Top