Siswa Diwajibkan Mengetahui Lagu-lagu Nasional dan Daerah – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Siswa Diwajibkan Mengetahui Lagu-lagu Nasional dan Daerah

Seluruh siswa di Indonesia tanpa terkecuali di Kabupaten Buru wajib mengetahui, menguasai dan menghafal lagu-lagu nasional juga lagu daerah masing-masing. Kewajiban tersebut sudah harus jalan mulai tahun ini.

Kepala Bidang Pengajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru, Ibrahim Soekonora mengatakan, seluruh sekolah berkewajiban menjalankan hal ini. “Jadi seluruh siswa wajib menghafal lagu-lagu nasional mulai dari tingkat SD, SMP hingga sekolah tingkat SMA,” ujarnya kemarin.

Selama ini, kata dia, nasionalisme siswa mulai tergerus dengan peradaban asing. Bahkan, banyak siswa tidak lagi mengetahui atau menghafal lagu-lagu nasional atau lagu perjuangan. “Bayangkan saja, banyak siswa tidak lagi hafal lagi Padamu Negeri. Hal itu sangat memalukan dan mencoreng rasa nasionalisme,” jelasnya.

Karena itu, lanjut dia, semua siswa akan diwajibkan menghafal lagu-lagu nasional dan daerah. “Ini tentu merupakan tanggung jawab dari para pendidik juga, yakni mereka berkewajiban mengajarkan nilai-nilai nasionalisme kepada para siswa,” ujarnya.

Kewajiban itu akan diterapkan di seluruh sekolah secara ketat, mulai tingkat SD hingga SMA. “Para siswa siswi juga diwajibkan menyanyikan lagu nasional sebelum memulai pelajaran dan menyanyikan lagu daerah setelah usai pelajaran,” ujarnya.

Menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah juga telah menjadi ketentuan pada sekolah pembina di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk membentuk jati diri siswa sebagai anak bangsa dan membentuk karakter, serta budi pekerti siswa untuk memiliki rasa cinta tanah air.

Penerapannya kata Soekonora, dilakukan dengan cara, usai melaksanakan belajar mengajar di kelas, para siswa diwajibkan apel sebelum pulang. Dan seluruh siswa dituntun untuk menyanyikan satu buah lagu kebangsaan dan satu buah lagu daerah.

Selain itu, kewajiban membaca selama 15 menit sebelum memulai pelajaran juga merupakan program dari Kementrian Pendidikan juga sudah mulai dilakukan. Tujuan kegiatan ini untuk menambah wawasan para siswa dan memperkuat daya ingat siswa sebelum memulai pelajaran di sekolah. (CR8)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!