Pentingnya Pengawasan Hewan Qurban – Ambon Ekspres
Metro Manise

Pentingnya Pengawasan Hewan Qurban

AMBON, AE— Dalam rangka pelaksanaan Idul Adha 1434 Hijriah yang diidentikkan dengan Idhul Qurban pada 24 September 2015, Pemprov Maluku diminta lebih memfungsikan pengawasan terhadap mobilisasi qurban terutama sapi. Sebab, banyak ternak yang didatangkan dari luar Maluku maupun antar kabupaten/kota untuk dipasarkan dengan tipe, jenis, bangsa dan usia ternak yang beraneka ragam. ‘’Tentu dari potensi pasar dengan jumlah permintaan yang meningkat saat ini memiliki banyak potensi penyelewengan yang dapat mencederai aturan perundang-undangan maupun peraturan lain yang berlaku di Indonesia serta regulasi daerah yang ada di daerah ini,” kata koordinator wilayah V Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia Daerah Maluku, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, Yudin Hitimala.

Dikatakan, masyarakat peternak pada umumya lebih khusus para pedagang pengumpul tidak lagi menjadikan aturan yang ada sebagai batasan pelaksanaan pemasaran ternak. Kondisi  ini yang membuat banyak penyelewengan terjadi.

Apalagi  di Maluku sangat minim tenaga medis yang menangani masalah peternakan. “Juga secara geografis, Maluku adalah wilayah kepulauan yang memudahkan adanya mobilisasi ternak secara ilegal tanpa harus melalui jalur lalu-lintas ternak yang sudah ditetapkan,” katanya.

Menurut dia, pengawasan yang ketat akan status kesehatan ternak di Maluku menjelang Idul Adha sangat penting dilakukan demi menjaga keamanan dan kesehatan ternak, termasuk masyarakat sebagai konsumen. Ini demi melindungi dan meningkatkan kualitas sumber daya ternak serta menyediakan pangan (produk ternak) yang aman, sehat, utuh dan halal kepada masyarakat konsumen khususnya konsumen-konsumen yang menerima daging qurban.

Pengawasan, lanjut dia, harus ditekankan pada penyakit ternak, obat-obatan ternak, alat pemotongan, kesehatan masyarakat veteriner, kesejahteraan hewan, dan otoritas veteriner. ‘’Hal ini dimaksud agar asas keamanan dan kesehatan ternak dapat menjamin produknya yang aman, layak untuk dikonsumsi dan menjamin ketenteraman bagi masyarakat,” pungkas dia.
(MAN)

Most Popular

To Top