Sering Dianggap Obat Kanker, Konsumsi Daun Sirsak Bisa Bikin Keracunan – Ambon Ekspres
Kesehatan

Sering Dianggap Obat Kanker, Konsumsi Daun Sirsak Bisa Bikin Keracunan

Di media sosial beredar informasi bahwa kanker bisa diobati dengan daun sirsak. Orang-orang pun banyak mencobanya tanpa tahu sebetulnya efek apa saja yang mungkin muncul.

Ahli biologi tumbuhan Dr Susiani Purbaningsih, DEA, mengatakan bahwa pada zaman dahulu daun dan biji sirsak digunakan untuk mengusir hama. Belakangan karena ada penelitian yang mengatakan kandungan pada daun dapat membunuh sel kanker, popularitasnya pun melejit.

Namun Susiani mengatakan pemakaian daun sirsak yang populer ini tak disertai dengan ilmu yang cukup. Penelitian terkait sirsak dan kanker pun masih belum sampai pada tahap uji klinis.

“Kemarin heboh itu daun sirsak. Dia dipakai buat obat kanker tapi sebetulnya engggak boleh terlalu banyak karena ada racunnya.

Banyak orang sakit kanker minum ini (rebusan daun sirsak -ref) enggak tahu dosisnya,” ujar Susiani yang sehari-hari mengajar sebagai dosen di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Indonesia, kepada detikHealth dan ditulis pada Senin (21/9/2015).

“Kalau dipakai sedikit mungkin bagus karena bisa dipakai membunuh sel kanker tapi kalau kebanyakan enggak kuat juga tubuh,” lanjutnya.

Akibatnya keracunan daun sirsak sejauh ini dikatakan Susiani bisa sampai muntah-muntah namun tak ada yang serius. Namun demikian ia mengingatkan bahwa agar orang-orang tak mudah termakan testimoni khasiat-khasiat sesuatu yang belum teruji.

“Kadang-kadang buku populer soal khasiat apa misalnya suka enggak dikasih tahu efek sampingnya. Makanya orang kan karena pengen sembuh minumnya berlebihan,” tutup Susiani. (fds/up)

Most Popular

To Top