Diduga Nama Guru Penerima Bantuan Kemanag Diganti – Ambon Ekspres
Pendidikan

Diduga Nama Guru Penerima Bantuan Kemanag Diganti

PARA guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengajar di sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mempertanyakan nama mereka yang diduga diganti pihak Kementerian Agama Wilayah (Kanwil) Maluku. Padahal, sepengetahuan guru PAI nama mereka sudah dikirim dari kabupaten setempat, menuju meja Kanwil Maluku.

“Kami minta kejelasan dari Kemenag Maluku yang membidangi guru Agama Islam, agar memberikan sinyal jelas terkait nama kami, sebab nama yang dikirim diketahui lewat informasi di sekolah bahwa ada sebagian besar diganti. Ini patut ada kejelasan sehingga tidak mengabaikan nasib guru agama Islam di kabupaten berjuluk Saka Mese Nusa itu,” pinta seorang guru yang meminta namanya tidak dikorankan, kemarin.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kanwil Provinsi Maluku Asukanjaya Banawi yang dikonfirmasi koran ini, selasa (22/9) sore kemarin, mengaku, sampai saat ini pihaknya belum menerima data guru agama Islam dari kemenag kabupaten SBB. ‘’Kita belum terima, kalau pun sudah masuk akan diperjuangkan ke pusat,’’ tandasnya.

Menurutnya, bantuan guru bagi guru yang mengajar disekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI), menjadi bantuan pengabdian selama terhitung tiga tahun, namun bantuan tersebut tidak sepenuhnya berhak dirima. Sebab, hanya diperuntukan untuk guru PAI di kawasan terpencil.

Dia menyarankan, para guru mengecek ulang dimasing-masing sekolah untuk memastikan apakah nama mereka sudah dikirim dari Kanwil Kabupaten ataukah belum.

“Lebih bagus mengecek dimasing-masing sekolah, agar bisa dipastikan, sebab kewenangan kami (Kanwil Maluku) hanya bersifat memperjuangkan. Kalaupun nama sudah masuk Insyallah kami perjuangkan.

Dan harus membedakan  bantuan guru PAI, dengan tunjangan sertifikasi guru, sebab kalau tunjangan itu hak guru, tetapi bantuan guru bukan hak tetapi dilihat berdasarkan pengabdian mengajar,” tandasnya. (AID)

Most Popular

To Top