Warisan Budaya Beri Manfaat Perekonomian Daerah – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Warisan Budaya Beri Manfaat Perekonomian Daerah

Salah satu Pemerhati Sosial Budaya di Maluku  Josep Antonius Ufi, MA mengatakan, warisan budaya di Maluku dapat memberi manfaat untuk pertumbuhan ekonomi daerah.

Maluku punya banyak sejarah, tradisi dan nilai-nilai yang dimiliki selama bertahun-tahun, dan dianggap sebagai bagian penting dari karakter daerah ini. ”Itu bisa menjadikan sebagai destinasi wisata, sekaligus alternatif untuk meningkatkan pendapatan,” Ufi, kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Dikatakan, pengelolaan warisan budaya, memberikan manfaat riil dalam bidang ekonomi. Di antaranya, penyedia jasa penginapan, hotel, transportasi, rumah makan, guide dan juga menambah lapangan kerja.

Selain itu, sebagai rekaman dasar tentunya warisan budaya juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan menggali ilmu pengetahuan, sejarah dan kebudayaan serta berdampak pada bidang ekonomi dan pariwisata. “Oleh sebab itu, budaya penting untuk dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya pelindungan, pengembangan dan pemanfaatan dalam rangka memajukan kebudayaan tradisional,” paparnya.

Masyarakat umum (publik) juga memiliki hak untuk mengakses terhadap nilai-nilai kesejarahan, pengetahuan, dan kebudayaan. Namun dalam pengelolaannya harus tetap berkoordinasi dengan pemerintah sebagai lembaga yang memegang kuasa atas pelestarian berdasarkan pada ketentuan hukum yang berlaku.

Jika warisan budaya itu tidak dilestarikan atau berkurang jumlahnya, warisan budaya perlahan-lahan tentu akan berdampak tidak baik bagi daerah ini. Terutama dalam rangka membentuk karakter dan menguatkan jati diri anak bangsa.

“Setidaknya, dua modal penting yang harus dimiliki oleh masing-masing stakeholder dalam pelestarian warisan budaya, yaitu tanggung jawab dan komitmen yang melekat pada hak dan kewajiban setiap stakeholder,” ungkapnya.
(IWU)

Most Popular

To Top