Gainu dan Obed Kampanye Perdana – Ambon Ekspres
Trending

Gainu dan Obed Kampanye Perdana

AMBON,AE— Komisi Pemilihan Umum kabupaten Kepulauan Aru telah menetapkan nomor urut pasangan calon Godlief Ambrosius Gainau-Djafrudin Hamu dan Obed Barends-Eliza Darakay, Sabtu (26/9). Hari ini, dua pasangan tersebut direncanakan menggelar kampanye perdana.

“Senin, mereka akan melakukan kampanye sesuai penyesuaian jadwal yang telah kita sepakati bersama. Yakni mulai tanggal 28-5 Desember. Dua pasangan ini diberikan waktu masing-masing satu hari untuk melakukan kampanye,” kata anggota KPU Aru divisi hukum, Mustafa Darakay saat dihubungi Ambon Ekspres via telepon dari Ambon, Sabtu (26/9).

Rapat pleno penetapan yang berlangsung di Kantor KPU Aru, Dobo, itu dimulai pukul 11.00 wit. Dihadiri dua pasangan calon, dan Panitia pengawasan pemilu (Panwaslu). Hasil pengundian, pasangan Obed-Eliza mendapatkan nomor urut 3 dan Gainau-Hamu nomor urut 4.

“Tadi (Sabtu-red) sekitar jam 11.00 wit, kami sudah lakukan pleno terbuka terkait penetapan nomor urut. Pasangan Obed-Eliza nomor urut 3 dan Gainau-Hamu nomor urut 4,”paparnya.

Dikatakan, tidak ada lagi pembatalan dan perubahan SK penetapan calon maupun nomor urut sebelumnya. KPU hanya merubah lampiran SK dengan memasukan pasangan Obed-Eliza dengan nomor urut 3 dan Gainau-Hamu nomor urut 4.

“Untuk pemberkasan tidak ada lagi. Tinggal dua pasangan ini mengikuti tahapan selanjutnya, yakni penyampaian laporan awal dana kampanye (sabtu) batas waktunya pukul 18.00 wit,” ungkapnya.

Kedua pasangan tersebut, juga diminta untuk memasukan desain bahan kampanye, agar segera dicetak oleh KPU. ”Paling lambat Senin, mereka sudah harus memasukan desain bahan kampanye, agar kami melakukan penambahan pengadaannya,” katanya.

Siap Hadapi Gugatan
Sementara itu, ketua Panwaslu Aru, Mokzeng Sinamur menegaskan, pihaknya siap menghadapi gugatan dari pihak yang merasa dirugikan dengan putusan Panwaslu. Kata dia, apa yang diputuskan oleh majelis musyawarah sengketa Pilkada, sesuai dengan undang-undang dan aturan yang berlaku. ”Silakan saja mereka menggugat. Kan mereka punya hak juga untuk menggugat atau upaya hukum lainnya,”kata Sinamur.

Sinamur juga membantah tudingan panwaslu sengaja meloloskan Gainau-Hamu dan Obed-Eliza melalui putusan majelis musyawarah. Menurut dia, putusan tersebut sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan.

“Itu tudingan tidak beralasan. Putusan panwaslu, itu tidak mengatasnamakan pribadi atau pun siapa-siapa. Tapi atas nama lembaga dengan memperhatikan aturan-aturan, yakni UU nomor 8/2015, PKPU dan Perbawaslu serta fatwa MA,” jelasnya.

Dalam proses persidangan, lanjut Sinamur, dilengkapi dengan rekaman dan notulensi. Sehingga, tidak ada celah bagi panwaslu untuk bermain atau melakukan kesepakatan dengan dua paslon tersebut.

“Ada notulensi dan direkaman. Dan kita tegaskan bahwa, tidak takut terhadap pihak yang mau menggugat. Silakan menggugat, asalkan dengan dalil-dalil kuat. Kita tidak menutupi apapun,”katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW PPP Provinsi Maluku, Apras Pattisahusiwa, mengaku optimis pasangan Obed-Eliza menang Pilkada. Konsolidasi dan sosialisasi oleh PPP, telah dilakukan sejak memberikan rekomendasi.  “Kami sangat optimis pasangan Obed-Eliza menang di Pilkada. Kami

DPW PPP Maluku juga telah memerintahkan secara resmi kepada DPC PPP Aru agar menambah kepengurusan di tingkat kecamatan. Ini dilakukan sebagai bagian penguatan internal partai untuk memenangkan Obed-Eliza.

“Kami juga sudah perintahkan kepada DPD PPP kabupaten Aru untuk bekerja secara maksimal memenangkan pasangan ini. Kita juga sudah membentuk DPC-DPC tambahan untuk memperkuat struktur. Pasangan ini juga didukung oleh seluruh masyarakat. Baik basudara Kristen maupun Islam mendukung pasangan ini, tanpa memandang unsur SARA,” katanya.
(TAB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!