Warga Iha Ingin Pulang Kampung – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Warga Iha Ingin Pulang Kampung

Masohi, AE—Warga  Negeri Iha, Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah yang tinggal  di wilayah lain akibat konflik Sosial tahun 1999 silam sudah bertekat bulat ingin kembali ke kampung halaman.

“Menjadi harga mati bagikami untuk kembali pulang ke desa Leluhur,” tandas Sarif Haulusy warga Iha yang saat ini bermukim di Dusun Lengkong Negeri Sepa Kecamatan Amahai.

Mewujudkan keinginan tersebut, diharapkan, ada campur tangan pemerintah baik provinsi Maluku maupun Kabupaten Maluku Tengah. Minimal, dalam rangka relokasi warga ke tempat asal mereka, Negeri Iha kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah. “Saat ini sedang

dilakukan pendataan penduduk Iha yang tersebar di wilayah – wilayah di Maluku dan wilayah lain untuk kemudian direlokasi. Butuh kontribusi pemerintah dalam hal ini. Termasuk pemerintah pusat,” serunya.

Hingga kini, pengungsi Negeri Iha tersebar dalam dua kelompok besar di Maluku yakni, Namlea Kabupaten Pulau Buru  dan Lengkong Lohi Kecamatan Amahai. “Terdapat kurang lebih 700  kk tersebar di dua wilayah ini,” urainya.

“Jadi keinginan kembali ke Tanah Leluhur semata merupakan komitmen dilandasi kesadaran untuk bisa bersama-sama membangun negeri,” timpalnya. (MYX).

Most Popular

To Top