Gubernur Lepas 271 Kontingen Pesparawi – Ambon Ekspres
Trending

Gubernur Lepas 271 Kontingen Pesparawi

AMBON,AE— Sebanyak 271 peserta mewakili Provinsi Maluku, mengikuti lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat nasional ke XI, yang akan berlangsung mulai 2 hingga 12 Oktober mendatang. 271 peserta pesparawi ini, resmi dilepas oleh Gubernur Maluku, Ir Said Assagaff, Rabu (30/9).

Pelepasan 271 kontingen Pesparawi ini ditandai dengan penyerahan bendera pemerintah daerah yang diserahkan langsung oleh Gubernur Maluku, Said Assagaff, dan diserahkan kepada ketua kontingen Pesparawi Maluku, Tom Atiuta. Penyerahan bendera tersebut disaksikan oleh Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Kapolda Maluku, Brigpol Murad Ismail, tamu undangan lainnya, serta para kontingen pesparawi.

Gubernur Maluku, Ir Said Assagaff dalam sambutannya mengatakan, Maluku sebagai tuan rumah Pesparawi Nasional, harus memberikan kontribusi dan menyelenggarakan perhelatan tersebut. Dan sebagai tuan rumah, Maluku harus keluar sebagai juara.

“Dalam pesparawi Nasional nanti, kita harus sukses dalam tiga kategori. Yakni, sukses administrasi, sukses sebagai penyelenggara, dan sukses sebagai juara. Ketiga kategori ini harus kita raih, Kita harus sukses sebagai juara umum, “ucap Assegaff membuka sambutannya.

Lebih lanjut Assagaff mengatakan, dalam setiap perhelatan Pesparawi nasional, Maluku merupakan kontingen yang selalu disegani. Hal itu dikarenakan, Maluku sering menjadi langganan juara pada pesta paduan suara gerejawi itu.
“Dalam sejarah event Pesparawi, kontingen Maluku selalu diperhitungkan. Karena Maluku sering menjadi langganan juara. Hal itu dikarenakan, orang Maluku memiliki suara yang khas dan sangat musicalis, “jelasnya.

Perhelatan Pesparawi, sangat sarat dengan nilai-nilai spiritual. Dimana orang yang bernyanyi, yang mendengar harus menikmati setiap nyanyian yang dilantunkan. Selain itu, bernyanyi harus dilantunkan dengan sungguh-sungguh, guna meningkatkan kualitas keimanannya. “Pesparawi harus menjadi sumber kebaikan, kasih sayang dan rasa cinta kasih terhadap sesama kita, “katanya.

Ketua panitia harian, Pesparawi Nasional sekaligus ketua LPPD Maluku, Paulus Kastanya mengatakan, hingga saat ini, sudah 6 kontingen yang tiba di kota Ambon. Diantaranya, Sumatera Barat, Papua Barat, Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT) Sulawesi Barat, Bengkulu.

Terkait dengan fenue bertanding, Kastanya mengatakan jumlah fenue menjadi tempat perhelatan pesparawi ada lima. Yakni Gedung taman budaya Karpan, Baileu Siwalima, Gedung Aula Xaverius, Balai Oikumene dan di Lapangan merdeka Ambon.

“Seluruh fenue tempat digelarnya ajang Pesparawi secara keseluruhan telah rampung. Dan khusus untuk di Lapangan merdeka, itu akan digelar music etnik dan pameran,” tuturnya.

Nantinya, pada tanggal 2 Oktober nanti, seluruh kontingen sudah berada di Kota Ambon. Selain itu, piala bergilir juga akan dibawa tanggal 2, dan akan diarak mengelilingi Kota Ambon.

“Pada Pesparawi Nasional ke XI ini, akan diikuti oleh seluruh provinsi. Akan ada 12 mata lomba yang akan digelar, yakni Padua Suara (PS) Dewasa Campuran, PS Laki-laki, PS Perempuan, PS Remaja, PS Anak, Vocal Group (VG) Solo Anak usia 7-9 tahun, Solo 10-13 tahun, solo remaja, solo putri, Solo Putra, Musik Pop Gerejawi. Dan kita optimis, Pesparawi akan berjalan lancar dan sukses, “pungkasnya. (AFI)

Most Popular

To Top