Maling Gasak Ratusan Juta di Karpan – Ambon Ekspres
Metro Manise

Maling Gasak Ratusan Juta di Karpan

AMBON, AE— Aksi pencurian di Kota Ambon semakin marak. Warga diharapkan selalu meningkatkan kewaspadaan. Kali ini aksi pencuri itu terjadi di kawasan Karang Panjang Ambon. Maling menyantroni rumah Beny Tanihatu. Di rumah itu, tamu tak diundang ini menggasak uang tunai dan sejumlah barang berharga yang disimpan dalam brankas. Kasus ini kini ditangani polisi.

Kasubbag Humas Polres Ambon Iptu Meity Jacobus menjelaskan, maling melakukan aksi itu saat pemilik rumah, sopir dan pembantu rumah tangga tidak berada ditempat. Diduga peristiwa itu terjadi beberapa hari lalu dan baru diketahui pada Senin (28/9) sekira pukul 08.30 WIT.

Dikatakan, sebelum terjadi pencuriaan itu, sopir korban, Ronny Reinhard Moniharapon dan istrinya Mariana Moniharapon yang bekerja di rumah korban sementara pulang ke rumah mereka di Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (25/9). ”Jadi saat kejadiaan rumah kosong. Sopir dan pembantu korban pulang ke rumah mereka di Suli. Aksi pencurian ini baru diketahui ketika keduanya kembali ke Ambon pada hari Senin,” ungkap Meity.

Menurut dia, berdasarkan informasi polisi, saat kejadian pemilik rumah sedang berada di luar kota. ‘’Sopir dan pembantu korban terkejut ketika memasuki rumah sekaligus kantor PT Gemilang Multi Wahana milik korban.

Mereka kaget karena mendapati barang-barang yang berada di kamar sudah berantakan. Diduga pelaku melakukan aksinya itu dengan merusak jendela kamar sebab terdapat bekas pada jendela yang dirusaki itu,” tutur dia.

Akibat dari kejadiaan itu, lanjut Meity, korban harus menanggung kerugiaan yang ditaksir hampir mencapai Rp 1 miliar. Ini total dari jumlah uang dan barang berharga yang digasak pelaku. Diantaranya jam tangan rolex, cincin bermata berlian, cincin emas serta uang tunai sekitar Rp 30 juta. ”Sejumlah barang ini diambil pelaku dalam brangkas yang dibobol. Kerugiannya sekitar Rp 855 juta,” ucapnya.

Menurut Meity, kasus ini telah ditangani pihaknya. Namun belum diketahui siapa pelaku pencuriaan itu. ‘’Sudah tiga orang saksi yang dimintai keteranganya terkait dengan pencurian tersebut. Pelaku sementara masih dalam penyelidikan,” pungkas dia.(ERM)

Most Popular

To Top