Ratusan Mahasiswa Bikin Onar di Unpatti – Ambon Ekspres
Trending

Ratusan Mahasiswa Bikin Onar di Unpatti

AMBON,AE— Kampus universitas Pattimura bukan hanya ladang memanen ilmu, tapi juga selalu menjadi lahan untuk mahasiswa berkelahi. Sudah berulang kali, dan kemarin, terulang lagi. Ratusan mahasiswa terlibat saling baku lempar dengan menggunakan batu. Tidak ada korban jiwa. Pemicunya, hanya karena membela penjual bakso dipukul.

Bentrok terjadi, sekira Pukul 13.00 Wit. Saling lempar ribut antara sesama mahasiswa. Mereka yang terlibat bentrok, yakni Fakultas KIP, Pertanian, Teknik, Ekonomi, dan Hukum. Kejadiaan tepat disamping  kantin Kampus, Jalan Dr.J. Leimena Poka Kecamatan Teluk Ambon. Beruntung  aksi para mahasiswa ini tidak berlangsung lama.

Aparat keamanan dari  TNI , dan anggota polisi dari Polsek Teluk Ambon beserta security, dan para pejabat Unpatti langsung membubarkan para mahasiswa yang saling bentrok. Sekitar pukul 13.30 Wit mahasiawa empat fakultas tersebut dapat dibubarkan. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadiaan ini.

Berdasarkan informasi koran ini, sebelum bentrok, hari Selasa (29/9) terjadi Kesalahpahaman antara mahasiswa Fakultas Pertanian dan KIP (penjas). Saat itu salah satu mahasiswa Pertanian memukul penjual bakso keliling, saat berjualan di area kampus. Melihat kejadian tersebut, salah satu mahasiswa dari program studi Penjas melarang dan melerai pemukulan itu.

Tak terima dengan sikap mahasiswa Penjas, mahasiswa Pertanian langsung marah. Terjadi aksi saling pukul, namun tidak berlangsung lama. Saat itu juga diselesaikan oleh Pihak kampus dan Bagian Kemahasiswaan.

Kamis (1/10) sekitar 10.00 wit, terjadi aksi pemukulan terhadap salah satu mahasiswa program studi Penjas, Endo Patty (20) . Saat itu Endo, sedang  makan di kantin. Dia kemudian didatangi sekelompok mahasiswa Pertanian, yang belum diketahui identitas. Endo yang  tidak terima kejadiaan itu, kemudiaan menyampaikan ke rekan-rekannya se-fakultas.

Beberapa jam kemudian, sekira Pukul 13.00 terjadi aksi balasan oleh mahasiswa FKIP. Aksi saling lempar tak terhindarkan. Kali ini, bentrokan tak hanya melibatkan dua fakultas, Fakultas Teknik, Hukum, dan Ekonomi pun ikut campur. Kegaduhan antar empat fakultas ini, membuat situasi kampus menjadi tegang.

Kapolsek Teluk Ambon, Ipda Megawati Maruanaya, ketika dikonfirmasi membenarkan kejadiaan itu. Namun, bentrokan tidak berlangsung lama, setelah aparat dari Polsek Teluk Ambon yang dipimpinya, dan anggota TNI dari Satgas 408/SBH Pos Rumah tiga dipimpin Lettu Inf Sardi, beserta pihak kampus Langsung mendatangi tempat kejadiaan dan mebubarkan para mahasiswa yang  bertikai.

” Bentrokan mahasiawa ini hanya salah paham saja. Jadi ada bahasa provokasi di dengar mahasiswa FKIP, bahwa Fakultas Ekonomi, dan Pertanian mau melakukan penyerangan terhadap mahasiwa FKIP, sehingga dari FKIP lebih dulu melakukan pelemparan terhadap mahasiswa Ekonomi dan Pertanian. Disitulah terjadi kosentarasi dan terjadilah bentrokan. Dari fakultas lain juga ikut-ikutan terpancing dengan kejadiaan itu sehingga terjadi kegaduhan,” tuturnya.

Namun lanjut perwira yang biasa disapa Mega ini, kasus bentrokan tersebut sudah diserahkan ke pihak kampus untuk diselesaikan secara internal.” Sudah kita serahkan ke pihak kampus untuk diselesaikan kasus ini,” pungkas dia.(ERM)

Most Popular

To Top