Paparan Suara Bising dalam Waktu Lama Pengaruhi Kesehatan Jantung – Ambon Ekspres
Kesehatan

Paparan Suara Bising dalam Waktu Lama Pengaruhi Kesehatan Jantung

Bekerja di tempat-tempat yang akrab dengan suara keras atau bising ternyata tak hanya memengaruhi kesehatan pendengaran. Penelitian membuktikan suara bising ternyata juga memengaruhi kesehatan jantung.

“Dibandingkan dengan orang yang memiliki pendengaran normal, mereka yang mengalami paparan suara dalam frekuensi tinggi memiliki risiko dua kali lebih besar terserang penyakit jantung koroner,” tutur Dr Wen Qi Gan dari University of Kentucky College of Public Health di Lexington, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (4/10/2015).

Penelitian Dr Wen dilakukan berdasarkan data 5.223 partisipan National Health Survey Amerika Serikat dari tahun 1.999 hingga 2004. Para partisipan berusia 20 hingga 69 tahun dan memiliki gangguan pendengaran.

Hasil penelitian menyebut orang dengan ketulian di suara frekuensi tinggi pada kedua telinganya meningkatkan risiko penyakit jantung koroner hingga dua kali lipat. Namun pada usia di bawah 50, risiko ini bisa meningkat 4 kali lipat.

Hanya saja risiko yang sama tidak berlaku bagi orang dengan ketulian sebelah, atau orang dengan ketulian di frekuensi rendah. Peneliti mengatakan hal ini ada hubungannya dengan paparan suara bising di tempat kerja dalam waktu yang lama.

Dr Wen mengatakan temuan ini semakin memperkuat adanya hubungan antara gangguan pendengaran dan kesehatan jantung. Penelitian sebelumnya mengatakan suara bising memang memengaruhi tekanan darah, risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

“Hasil penelitian sebelumnya mengatakan hal yang sama. Paparan suara bising dan keras dalam waktu lama memang dapat memengaruhi kesehatan jantung,” ungkap Dr Wen.

“Oleh karena mereka yang bekerja di tempat-tempat dengan suara keras harus merawat kesehatan pendengaran. Menggunakan earmuff ataupun earplug akan sangat membantu,” pungkasnya. (mrs/up)

Most Popular

To Top