Ratusan Pramuria Tak Miliki KTP – Ambon Ekspres
Amboina

Ratusan Pramuria Tak Miliki KTP

Ratusan pramuria yang beraktivitas di Kota Ambon diduga tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Dugaan tersebut disampaikan Kepala Dukcapil Kota Ambon, Din Tuharea.

Dugaan tersebut dia sampaikan berdasarkan informasi, kalau ratusan pramuria di beberapa tempat hiburan malam (THM), seperti Karaoke Rajawali dan Karaoke Happy Pupy, tidak memiliki KTP.

Menurut dia, hingga saat ini, pemilik THM di Kota Ambon tidak pernah melaporkan jumlah pramuria yang mereka miliki. Sehingga Disdukcapil tidak mengetahui kehadiran para pramuria di Kota Ambon.

Seharusnya, terangnya, para pramuria yang masuk ke Kota Ambon harus melaporkan diri ke Disdukcapil agar diberikan kartu tanda penganti identitas.

“Selama ini, pemilik THM tidak pernah melaporkan keberadaan pramuria yang mereka pekerjakan,” katanya kepada Ambon Ekspres, Sabtu (3/10).

Walau demikian, Disdukcapil tetap melakukan pengawasan terhadap semua masyarakat, termasuk para pramuria. Tapi pengawasannya tidak dilakukan secara serentak. Karena, akuinya, banyak masyarakat yang menetap atau masuk ke Kota Ambon secara illegal, dalam hal ini, tidak melaporkan diri ke Disdukcapil.

Khusus untuk masalah pramuria, lanjut Tuharea, Disdukcapil Kota Ambon akan mengirimkan surat kepada para pemilik THM agar segera mendaftarkan pramuria yang beraktivitas tanpa KTP.

“Saya akan buatkan surat kepada pemilik THM supaya mereka mendaftarakan pramuria yang mereka pekerjakan bisa memiliki KTP selama beraktivitas di Kota Ambon,” terangnya.

Dia menambahkan, kedepan Dukcapil Kota Ambon akan menggelar operasi yustisia. Sehingga semua masyarakat Kota Ambon dapat segera memiliki KTP. “Kita akan melakukan operasi yustisia, kalau ada masyarakat yang tidak memiliki KTP akan dipulangkan ke daerah asal,” tandasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top