Anggota Pansel Tetapkan 3 Besar – Ambon Ekspres
Trending

Anggota Pansel Tetapkan 3 Besar

AMBON, AE— Tes kompetensi para calon sekretaris provinsi (Sekprov) Maluku telah dinilai oleh Assesor dan panitia seleksi (pansel). Masing-masing anggota pansel dan assesor juga telah memberi ranking berdasarkan hasil test. Saat ini memasuki tahap rekapitulasi hasil semua tahap seleksi. Pertengahan bulan ini, disampaikan tiga nama calon yang menempati peringkat tiga teratas.

Beberapa hari lalu, masing-masing anggota pansel telah memasukan penilaiannya terhadap tujuh calon sekprov untuk direkapitulasi. Nilai yang diberikan, sudah dimasukan dalam amplop coklat berukuran besar, dan disegel. Pemberian nilai oleh anggota yang satu, tidak diketahui anggota lainnya.

Anggota pansel Abdidin Wakano yang dikonfirmasi Ambon Ekspres mengungkapkan, rekapitulasi masih dilakukan untuk kemudian dilanjutkan dengan perankingan, guna mendapatkan tiga nama yang masuk tiga besar tersebut. “Masih dalam proses  dan masih direkapitulasi  nilai-nilai jadi belum diputuskan,” ungkap Wakano di kantor gubernur Maluku, Senin (5/9).

Rekapitulasi ini untuk mengerucut kepada tiga nama. Tapi untuk menyampaikan kepada gubernur sebagai laporan hasil proses seleksi Sekprov, pansel akan menyampaikan tiga nama, tiga besar  serta hasil perankingan semua calon.
“Kan dalam mekanisme, setelah diusulkan ke gubernur. Usulkan ranking semua calon  dengan nilai totalnya.

Ranking itu, ada satu, dua, tiga. Kalau yang dicari adalah tiga besar. Tapi kami juga akan menyampaikan rangking semua calon kepada bapak gubernur.  Supaya item-item semua orang (calon)  datanya harus komplit,” jelas Wakano.

Kendati demikian, hingga kemarin Pansel belum dapat memberikan penjelasan tentang hasil perankingan. Itu akan terlihat setelah rekapitulasi semua nilai masing-masing calon rampung. “Kita belum bisa sampaikan atau bicarakan mengerucut ke siapa. Karena proses masih berlangsung. Setelah semua rampung baru disampaikan secara resmi,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Wakano, pansel akan merekapitulasi hasil tes psikometerik, wawancara dan beberapa poin lainnya. Semua aspek sesuai mekanisme yang ada, termasuk pertimbangan administrasi. “Rekapitulasi berakhir pertengahan bulan ini dan langsung kita sampaikan hasilnya  kepada bapak gubernur,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan keputusan panitia seleksi calon pimpinan tinggi madya di lingkungan pemerintah provinsi Maluku nomor : 01/KEP. PANSEL/JPTM/MAL/2015 tanggal 17 September 2015,  tujuh calon pejabat pimpinan Tinggi Madya di lingkungan pemerintah provinsi Maluku tahun 2015 yang dinyatakan memenuhi syarat/seleksi administrasi adalah M.A.S Latuconsina, M.Z. Sangadji, Halatu Roy, Hamin Bin Thahir, Umad Muhammad, Meikyal Pontoh, dan Hengky   Koedoboen.

Setelah itu, para calon juga mengikuti seleksi administrasi serta  kompetensi yang didalamnya ada beberapa bentuk tes, diantaranya psikometerik, membuat makalah, dan wawancara.

Dalam beberapa kesempatan wawancara, ketua Pansel Thomas Pentury memastikan, proses seleksi tetap berjalan seusi mekanisme dan aturan yang berlaku. Tidak ada tekanan atau kepentingan apa pun selain untuk mendapatkan tiga figur terbaik untuk disampaikan kepada gubernur Maluku,  Said Assagaff, selanjutnya diusulkan kepada Presiden melalui Menteri dalam negeri.

Pentury mengatakan, sebelum melangkah pada tahapan pembukaan pendaftaran hingga proses seleksi, pansel telah berkonsultasi dengan komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), terutama tentang persyatan yang harus dipenuhi para calon sekprov.

Seleksi sekprov didasarkan pada undang-undang  nomor 5 tahun 2014 tentang  ASN. Namun, berdasarkan hasil konsultasi dengan Komisi ASN, undang-udang tersebut tidak berlaku surut. Sehingga, bila ada calon yang dinilai kalangan tertentu sebagai calon yang tidak layak karena pertimbangan UU ASN tersebut, merupakan penilaian yang kurang tepat.  (MAN)

Most Popular

To Top