Lomba Dayung Ramaikan HUT Kabupaten Buru – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Lomba Dayung Ramaikan HUT Kabupaten Buru

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Buru yang ke-16 pada 12 Oktober 2015 mendatang, pihak panitia telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Dan salah satu kegiatan yang sudah digelar adalah lomba dayung perahu nelayan pada Minggu lalu (4/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di kawasan pesisir Pantai Merah Putih, Kota Namlea mendapat antusias warga. Puluhan regu atau peserta ambil bagian di event ini, termasuk Bupati Buru Ramly Umasugi turut terjun langsung sebagai peserta lomba.

Masing-masing tim peserta lomba dayung terdiri dari 8 orang, dimana 7 orang sebagai pendayung dan satu lagi bertugas sebagai penabuh tifa (gendang) untuk menyemangati dan mensuport rekan-rekannya. Dan Bupati yang berada di salah satu tim berposisi sebagai peserta dayung.

Kegiatan lomba dayung perahu nelayan yang dibuka resmi Sekretaris Daerah Kabupaten Buru Ahmad Assagaff ini merupakan salah satu dari deretan rangkaian lomba untuk umum dalam rangka memeriahkan HUT Kabuapten Buru.

Lomba dayung perahu nelayan ini dibuka resmi Sekretaris Daerah Kabupaten Buru Ahmad Assagaff. Ia mengakui, lomba dayung perahu nelayan ini sudah lama tidak lagi dilakukan. Sehingga melalui moment HUT Kabupaten Buru ini, tradisi atau kegiatan lomba dayung perahu nelayan itu dapat dihidupkan kembali atau dilestarikan.

Pantauan di lapangan, sejak pagi hari masyarakat Namlea dan sekitarnya sudah memadati kawasan Pantai Merah Putih untuk menyaksikan lomba dayung perahu yang memperebutkan hadiah menarik yang disediakan panitia HUT Kabupaten Buru ke 16.

Sementara puluhan perahu yang dipakai dalam lomba tersebut lebih awal telah memadati perairan laut Buru. Mereka datang dari berbagai desa di Buru dengan tujuan untuk menghidupkan atau meramaikan HUT Kabupaten Buru. Masing-masing peserta lomba dayung perahu dalam kegiatan ini menempuh jarak sejauh 500 meter.

Peserta yang ikut dalam kegiatan lomba dayung dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari anggota polisi, TNI, umum, mahasiswa dan siswa SMU.

Sementara itu, yang keluar sebagai juara pertama dalam kegiatan tersebut peserta dari Desa Ilath, Kecamatan Batabual. Sedangkan juara dua diraih peserta dari Desa Kaieli, Kecamatan Teluk Kaieli, dan juara tiga diraih peserta dari dusun Nametek Tanjung, Kecamatan Namlea. (CR8)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!