Presiden Tiba Hari Ini – Ambon Ekspres
Trending

Presiden Tiba Hari Ini

Lobi Gubernur-Wagub Berhasil

AMBON, AE— Setelah melalui koordinasi dengan pihak istana, Presiden Jokowo Widodo pun dipastikan hadir untuk membuka Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat nasional ke-XI hari ini di kota Ambon. Sementara, Persiapan untuk menyambut RI 1 serta pembukaan Pesparawi telah maksimal.

Sebelumnya, untuk memastikan kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu, Gubernur Maluku, Said Assagaff telah terbang ke Jakarta  untuk berkomunikasi dengan pihak istana, terutama protokoler Presiden untuk menyesuaikan agenda Presiden. Namun, sebelum mendapat kepastian itu, gubernur harus kembali ke Ambon untuk menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT ke-70 TNI pada, Senin (5/9).  Sehingga, kemarin wakil gubernur Maluku  Zeth Sahuburua  yang harus terbang ke Jakarta  dengan maksud yang sama, memastikan Presiden hadir di  kota Ambon.

“Nanti Malam (malam tadi) baru kita putuskan, karena sampai hari ini kita masih terus menunggu  perkembangan terakhir dari Jakarta. Tadi Pak Wagub bersama Wakapolda juga kita minta untuk standbay (menunggu) di Jakarta,” kata gubernur seusai upacara HUT ke-70  TNI di Markas Angkatan Laut, di Desa Halong, kemarin.

Dengan beberapa catatan, lanjut gubernur bila memang kesibukan Presiden cukup tinggi maka diharapkan ada  yang bisa mewakilkan  karena Pesparawi sangat religi sekali. “Saya kira  kita semua berharap, ada yang bisa hadir dari pemerintah pusat untuk pembukaan Pesparawi,” ujarnya.

Sekira pukul 21 : 50, WIT,  informasi kepastian kehadiran Presiden pun diterima pemerintah daerah dan panitia Pesparawi. Presiden dijadwalkan bertolak dari Bandar Udara Halim Perdana  Kusuma, Jakarta menggunakan pesawat Kepresidenan.

“Besok jam 12 waktu Indonesia bagian barat, presiden dari Bandara Halim, tiba jam 5 Sore,” ungkap ketua seksi Akomodasi Pantia  Pesparawi, Syarief Bakry  Asyatri, via telepon seluler, malam tadi.

Informasi tersebut diterima langsung dari wakil gubernur yang juga ketuas umum Pesparawi, dari Jakarta, malam tadi. Dari Bandar Udara Pattimura,  Presiden akan langsung  menuju lokasi pembukaan Pesparawi di Sporthall Karang Panjang. Presiden  tidak bermalam di kota Ambon.

Setelah membuka Pesparawi yang direncanakan pada malam nanti, pukul 19:WIT, mantan Walikota Solo itu langsung terbang ke Solo untuk menghadiri suatu kegiatan bertaraf Internasional di sana. “Beliau tiba, buka Pesparawi dan pulang untuk hadiri acara Internasional di Solo,” kata Asyatri.

Padatnya agenda Presiden, sehingga agenda untuk meresmikan sejumlah proyek di Universitas Pattimura (Unpatti) yang dibiayai APBN, terpaksa dibatalkan. Presiden akan didampingi sejumlah pejabat pusat. “Sekitar 50 orang, tapi belum tahu pasti pejabat siapa saja,” kata kepala dinas  Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku itu.

Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua yang dihubungi via seluler untuk ingin dikonfirmasi lebih lanjut, namun tidak menjawab.

Sementara itu,  setelah mendapat informasi tentang kehadiran Presiden, gubernur bersama sejumlah pejabat langsung meninjau persiapan lokasi acara pembukaan Pesparawi, di Sporthall Karang Panjang, Ambon. Tidak ada masalah lagi dengan lokasi yang juga akan digunakan sebagai tempat penutupan Pesparawi itu.

Demikian juga  para peserta Pesparawi, terus mempersiapkan diri untuk unjuk kebolehan dalam even bertaraf nasional itu, diantaranya dengan melakukan Gladi bersih di lantai  VII kantor gubernur Maluku. (MAN)

Most Popular

To Top