PKS-Gerindra Usung Rivai-Anthon – Ambon Ekspres
Trending

PKS-Gerindra Usung Rivai-Anthon

AMBON,AE— Partai Gerakan Indonesia Raya dan Partai Keadilan Sejahtera akan mengajukan Rivai Hakim Fatsey sebagai calon pengganti almarhum Hakim Fatsey 15 Oktober. Saat ini, seluruh dokumen persyaratan calon maupun pencalonan tengah disiapkan kedua partai tersebut.

Saat dihubungi Ambon Ekspres via telepon, Rabu (7/10), Ketua DPC Partai Gerindra kabupaten Bursel, Adjadad Makassar mengaku, DPP telah mengeluarkan rekomendasi kepada Rivai Hakim Fatsey dan wakilnya Anthonius Lesnussa. Rekomendasi diterbitkan setelah Gerindra melaksanakan seluruh mekanisme perekrutan calon kepala daerah.

“Jadi seluruh mekanisme internal Gerindra, sudah kami lakukan. Dan sekarang rekomendasi Gerindra telah dikeluarkan oleh DPP kepada pasangan Rivai Fatsey dan calon wakil bupatinya, Anthonius Lesnussa. Rekomendasi kami terima tanggal 6 Oktober,” kata Adjadad.

Seperti diketahui,  Pilkada Bursel awalnya diikuti oleh dua pasangan calon, yakni Tagop Soulissa-Ayub Saleky dan Hakim Fatsey-Anton Lesnussa Ayub Saleky. Tagop-Ayub diusung oleh PDIP, Golkar, Partai NasDem, PKB, Partai Hanura dan PPP. Sedangkan Hakim-Anton maju dengan rekomendasi Partai Gerindra dan PKS.

Dalam proses dan tahapan Pilkada, Hakim Fatsey meninggal dunia di kediamannya di Galunggung, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau. KPU Bursel kemudian menunda tahapan Pilkada Bursel untuk sementara, yakni mulai 3-17 Oktober atau 14 hari dengan tujuan agar Gerindra dan PKS mengajukan calon pengganti Hakim.

Dengan rincian sepuluh hari untuk pengajuan calon pengganti terhitung 3-13 Oktober. Selanjutnya 14 Oktober sosialisasi untuk pendaftaran pada tanggal 15, 16 dan 17 Oktober, jika tidak ada calon pengganti selama sepuluh hari penundaan.

Disinggung komunikasi politik dengan PKS dalam hal penentuan rekomendasi, Adjadad mengaku sudah dilakukan. Pasal, dari awal Gerindra dan PKS bersepakat mengajukan Rivai yang berpasangan dengan Antonius Lesnuusa sebagai calon wakil bupati.

“Jadi harus diketahui secara persis bahwa, kedua partai ini (Geridra dan PKS) telah bersepakat untuk merekomendasikan Rivai Hakim dan Antonius Lesnussa. Tetapi butuh pertimbangan-pertimbangan dari internal kedua partai masing-masing dalam hal pengurusan rekomendasinya,”ungkap ketua komisi A DPRD Buru Selatan itu.

Kendati dengan sisa waktu yang relatif singkat, namun Adjadad memastikan seluruh persyaratan calon maupun pencalonan Rivai sudah terpenuhi. Sehingga tak masalah bila didaftarkan tanggal 14 atau 15 Oktober.

“Tetapi yang jelas, kedua partai ini sangat tahu betul limit waktu pendaftaran kandidat yang diberikan oleh KPU. Olehnya itu, paling lambat tanggal 14 atau 15, kedua pasangan sudah didaftarkan secara resmi. Lengkap dengan seluruh persyaratan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan PKPU. Kami usahakan terpenuhi semuanya,”tandas ketua fraksi Gerindra DPRD Bursel.

Pengurus DPW PKS provinsi Maluku, Dudi Sahupala saat dihubungi Ambon Ekspres via telepon, Rabu (7/10) mengatakan, pihaknya akan mendaftarkan calon pengganti Hakim berdasarkan jadwal. Pasalnya, menurut dia, pembukaan pendaftaran justru baru dimulai pada 15, 16 dan 17 Oktober.

“Sesuai agenda KPU, kan Pilkada Bursel ditunda sementara selama 10 hari. Kemudian ditambah tiga hari lagi. Dan kami berpendapat belum ada agenda pendaftaran. Karena itu, tanggal 15 atau 16 nanti baru diajukan calon penganti. Jadi tanggal itu baru bisa diajukan,”kata Dudi.

Kendati demikian, Dudi belum menyebut figur calon pengganti Hakim yang diajukan nanti. Bahkan terhadap putra almarhum Hakim, Rivai Hakim Fatsey yang disebut akan diajukan oleh PKS dan Partai Gerindra.”Belum dipastikan. Masih dalam proses internal. Kalau sudah positif, akan saya hubungi,”katanya.

Pengamat politik Universitas Pattimura, Jen Latuconsina menilai, belum diajukannya calon penggati, merupakan bagian dari strategi politik PKS dan Gerindra. Dia yakin, kedua partai itu akan mendaftarkan Rivai di tiga hari masa penundaan Pilkada.

“Itu bagian dari strategi politik PKS dan Gerindra saja yang hingga kemarin belum mendaftarkan calon pengganti Hakim Fatsey untuk diikutsertakan dalam Pilkada Bursel. Dipastikan 15-17 Oktober, mereka akan memasukan calon pengganti Hakim Fatsey,”kata Jen. (TAB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!