Objek Wisata Desa Abubu, Nusalaut – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Objek Wisata Desa Abubu, Nusalaut

PARIWISATA Maluku yang berisikan objek dan daya tarik maupun mengunjungi Maluku, merupakan kenyataan-kenyataan potensi kepariwisataan yang begitu menjanjikan terutama bagi wisatawan untuk saatnya datang berkunjung menyaksikan keindahan alam.

Salah satunya, ketersediaan daya tarik bawah laut sesuai dengan karakteristik wilayah Maluku sebagai daerah kepulauan.

Kecamatan Nusalaut memiliki potensi wisata yang beragam, yaitu potensi wisata bawah laut yang hampir menyebar di sepanjang pantai di Nusa Laut.

Tony Manusama, pria berdarah Maluku asal Nusalaut yang menetap di Belanda lebih dari 50 tahun ini mengatakan, saat ini para touris sudah mulai jarang ke tempat-tempat yang menurut mereka sudah terlalu penuh dengan wisatawan. Mereka lebih melirik daerah wisata yang masih alami dan belum terlalu banyak dikunjungi.

“Maluku punya daya tarik tersendiri dengan sejumlah lokasi wisata yang masih alami. Misalnya di Pulau Nusalaut, Maluku Tengah,” katanya kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Dikatakan, kalau di Nusa Laut banyak lokasi wisata yang belum banyak dikunjungi wisatawan, salah satunya di Desa Abubu ada pantai yang menarik, yaitu Pantai Ume.

“Pantai ini sangat bagus jika dibangun resort khas Maluku, tentu akan menjadi objek wisata pantai yang memiliki keunikan dan menjadi daya tarik bagi wisatwan domestic dan mancanegara,” tuturnya.

Selain itu, di Desa Abubu yang merupakan negeri asal Pahlawan Nasional Christina Martha Tiahahu juga menyimpan potensi wisata. Misalnya, Monumen M.Ch. Tiahahu dan Pusa Pulu sebagai wisata sejarah, serta Danau Riul dan Mata Air Iru yang tidak pernah kering bisa dijadikan sebagai objek wisata alam.

Menurutnya, para pelaku kepariwisataan juga harus memberikan perhatian yang cukup untuk mengembangkan sektor pariwisata yang ada.

Apabila dilihat dari daya tarikalam dan budaya yang dimiliki, Tentu saja masih banyak daerah di Maluku yang dapat di jadikan tujuan wisata.

“Hal ini harus terus di suport pemerintah serta kerjasama antara para pelaku kepariwisataan serta masyarakat, untuk mengemas daya tarik yang tersedia secara profesional, meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan, serta terus membangun citra (image) Maluku semakin membaik. Sehingga tertarik untuk datang mengunjungi,” ungkapnya. (IWU)

Most Popular

To Top