Peninggalan Sejarah di SBB – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Peninggalan Sejarah di SBB

SERAM Bagian Barat (SBB)  salah satu kabupaten di Provinsi Maluku yang memiliki    banyak peninggalan sejarah masa lalu dan sangat menarik untuk dikunjungi. Seperti di Kecamatan Taniwel ada  Goa Tengkorak situs Rumah Adat Tapuara Sapalewa dan Instalasi Pipa Tua peninggalan Belanda.

Masih di wilayah SBB terdapat Gereja Tua Betzure, rumah Pandopo Bupati, Benteng Batumete, Masjid Tua Almunawarah, Rumah Raja Kulur, Meriam Mini, Rumah Raja Lha, Benteng Oven Beach, Mesjid Tua Luhu, Goa Luhu serta di Kecamatan Huamual Belakang terdapat Benteng Wantrouw.

Sayangnya, semua objek wisata ini kurang dikenal oleh masyarakat. Bahkan, sebagian objek wisata tersebut seperti salah satunya Benteng Wantrouw, kondisinya sangat memprihatinkan karena dipenuhi rumput liar.

Selain kaya akan tempat bersejarah, SBB juga terkenal dengan potensi alamnya. Danau Tapala, Air Terjun Sapalewa, Air Terjun Tona, Telaga Tenggelam, Air Terjun Waimosola yang menjadi tujuan wisata akhir pekan oleh warga sekitar dan juga dari Kota Ambon.

Salah satu warga SBB, Johanes (45) mengaku, objek wisata ini diharapkan bisa dikelola dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten SBB. Apalagi di SBB ada air terjun Tel Pipi, dimana lokasi ini pantas dijadikan sebagai sarana olah raga Arung Jeram.

Selain itu ada juga Goa Lumuli yang memiliki pemandangan yang indah. Di Kecamatan Kairatu juga ada Pantai Waisarisa, Pantai Waisamu, Pantai Hatuuran, Waduk Waeruapa, Air Terjun Sohar, Air Terjun Tone, Air Terjun Waisia, Air Terjun Wailatu, Air Terjun Waihetu, Pantai Ouw, Air Panas Waikocua serta Kecamatan Huamual Belakang ada Pantai Masika Jaya, Pantai Tanjung Haya dan Air Terjun Supe. “Objek wisata ini adalah potensi alam yang selama ini kurang dilihat oleh Pemerintah Kabupaten SBB,”terang dia. (IWU)

Most Popular

To Top