Perlu Ada Terobosan Pelayanan Kesehatan Gratis – Ambon Ekspres
Amboina

Perlu Ada Terobosan Pelayanan Kesehatan Gratis

AMBON, AE.—Hingga kini, belum seluruh warga Kota Ambon memiliki BPJS Kesehatan. Terutama bagi mereka warga miskin yang tidak mampu untuk membayar angsuran. Untuk itu, perlu ada upaya dari Pemkot Ambon untuk membuat suatu kebijakan sehingga seluruh masyarakat miskin bisa menikmati fasilitas kesehatan gratis dari BPJS Kesehatan.

“Kita lihat selama ini BPJS merupakan suatu sarana untuk membantu masyarakat dalam memperoleh fasilitas kesehatan yang terjangkau. Tetapi ada juga masyarakat miskin yang memiliki mata pencaharian tidak tetap dan membutuhkan fasilitas BPJS.

Olehnya itu, perlu ada kebijakan dari pemerintah untuk melihat hal ini,” ungkap Wakil Ketua Komisi I DPRD Ambon, Leonora Eka Far Far kepada wartawan di Balai Rakyat Belakang Soya, belum lama ini.

Politisi asal PDI-P ini mengaku, peruntukan BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan tidak secara gratis kepada masyarakat. Ada potongan melalui gaji sesuai nomor rekening yang telah dimasukan. Padahal, banyak masyarakat miskin yang juga ingin mendapatkan pelayanan kesehatan namun tidak dibebankan dengan pembayaran iuran.

“Dilihat dari realita yang terjadi, ada keharusan untuk membayar angsuran tiap bulan dalam BPJS. Ini yang menjadi kendala bagi mereka (warga miskin, red) yang harus dipikirkan bersama. Bahwa bagaimana mencari jalan keluar, apakah ada kebijakan dari pemerintah dan itu seperti apa ?” papar Leonora.

Dirinya berharap, Pemkot Ambon bisa melihat hal ini secara serius sehingga bisa membuat suatu kebijakan guna memfasilitasi masyarakat miskin dalam memperoleh BPJS. DPRD juga akan memberikan dukungan, karena ini sangat menguntungkan masyarakat miskin di Kota Ambon.

“Kami sangat terbuka dan akan memberikan dukungan politik agar masyarakat miskin bisa mendapat BPJS secara cuma-cuma. Kita harapkan Pemkot Ambon melihat hal ini dan mungkin bisa diimplementasikan khusus kepada warga kurang mampu,’’ pinta dia.

Sementara itu, ketua Komisi I DPRD Ambon, Asmin Matdoan beberapa waktu lalu mengatakan, upaya dalam memberikan fasilitas BPJS bagi masyarakat miskin sudah pernah dibahas dengan Pemkot Ambon. ‘’Pemkot Ambon saat ini sedang mencari terobosan-terobosan terhadap masyarakat miskin untuk difasilitasi terkait BPJS.

Namun, perlu dilihat secara realistis anggaran daerah yang ada. Pasalnya, APBD maupun PAD Kota Ambon belum bisa mencukupi untuk memfasilitasi masyarakat miskin dalam memperoleh BPJS Kesehatan secara cuma-Cuma,’’ jelas dia.

Menurutnya, saat ini Pemkot Ambon masih mencari solusi bagi masyarakat miskin agar bisa terlindungi oleh BPJS Kesehatan. “Ini akan kita dorong terus dan nanti kita lihar perkembangannya karena untuk kepentingan masyarakat. Jika kebutuhan daerah mencukupi maka kita akan dorong,” pesannya. (ISL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!