TNI Bedah Rumah Warga – Ambon Ekspres
Amboina

TNI Bedah Rumah Warga

AMBON, AE.—Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Munardo mengatakan, TNI selalu membantu masyarakat Maluku, kapanpun dan dimanapun dalam jika masyarakat membutuhkan bantuan. “TNI akan selalu membantu masyarakat kapan saja tanpa mengenal waktu. 4 hingga 8 tahun kedepan, masyarakat Pulau Ambon tidak perlu dan tidak lagi ditemukan hidup susah,” kata Pangdam saat meresmikan empat buat rumah hasil bedah Korem 151/Binaiya dikawasan Wara Desa Batu Merah, Kota Ambon, Senin (12/10).

Menurutnya, kedepan tak hanya melihat masyarakat Pulau Ambon hidup aman dan tentram melainkan juga kesejahteraan dengan menggunakan sumber daya alam yang ada.

“Kami saat ini sedang merancang program emas hijau dan emas biru untuk kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan setiap jengkal tanah dan setiap jengkal sudut pantai untuk di berdayakan agar nantinya memberikan hasil yang maksimal demi kehidupan masyarakat yang lebih baik,” katanya.

Bantuan kepada masyarakat itu, lanjut Munardo, merupakan implemetasi dari delapan wajib TNI yang ke delapan yakni membantu mengatasi kesulitan rakyat disekitarnya. “Inilah bentuknya yakni pak Danrem dengan prajuritnya membantu masyarakat untuk membangun dan merehab rumah warga yang sudah tak layak huni,” tandasnya.

Sementara itu, Danrem 151/Binaiya, Kolonel Infanteri Tri Nugraha Hartanta menjelaskan, TNI dalam dua bulan terakhir merehab empat buat rumah yang tak layak huni oleh warga masyarakat yang berada di kawasan Pulau Ambon. “Ada empat buah rumah, dua di kecamatan Sirimau yakni Dusun Wara, Dusun Air Kaki Setan Skip, Laha dan Tawiri serta satu jalan setapak di Desa Tulehu dengan panjangnya sekitar 250 meter,” terangnya.

Dikatakan, buah rumah dan jalan setapak itu dikerjakan dalam waktu dua bulan terakhir. ‘’Rumah itu kepada Yusuf Ulat, petani asal Desa Laha, Derek Usmay dari Desa Tawiri, Yakob Maha (Air Kaki Setan) dan adik kami, Sandani Berkah di Dusun Wara yang merupakan pembantu rumah tangga dan hidup bersama 4 orang adiknya dalam gubuk yang telah direhab itu,” urainya.

Program rehab rumah tersebut merupakan, program dari TNI AD untuk membantu masyarakat yang tidak mampu. Program ini, lanjut Hartanta, tidak sampai disini melainkan juga akan terus berjalan. “Sebelumnya juga kita telah merenofasi rumah di Seith, Negeri Lima, Mamala dan Morela serta beberapa tempat lainnya. Nah untuk triwulan ini itu di empat tempat yang berbeda di Kota Ambon ini,” tuturnya.

Sementara itu, Sandani Berkah yang mewakili ketiga orang tersebut mengaku sangat berterimah kasih atss bantuan dari TNI itu. Pasalnya, dia bersama adik-adiknya itu tidak mungkin dapat membangun rumah seperti yang ada saat ini.

“Kami mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada pihak TNI. Dan kami juga berharap program ini terus di lakukan karena diluar sana masih ada banyak orang yang punya nasib sama dengan kami,” terang dia, sambil meneteskan airmata. (AHA)

Most Popular

To Top