Alat Musik Dari Biota Laut "TAHURI" – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Alat Musik Dari Biota Laut "TAHURI"

MUSsuatu daerahIK tradisional adalah seluruh musik yang berkembang dengan menunjukkan atau menonjolkan ciri khas dari , baik dalam bahasa maupun gaya melodinya.

Musik tradisional sangatlah terikat dengan kebudayaan yang dimiliki dan perlu dilestarikan. Dengan adanya pelestarian terhadap kebudayaan tersebut, maka dapat menjunjung pembangunan dan kelangsungan generasi selanjutnya.

Salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh Maluku adalah berasal dari biota laut. Ini merupakan sumber daya alam yang dapat dilestarikan.

Biota laut merupakan salah satu kekayaan bahari di daerah Maluku. Dari biota laut inilah dihasilkan sebuah alat musik yang memiliki nilai tinggi baik dari masa lampau dan masa sekarang ialah TAHURI.

Dalam mendorong kualitas musik tradisional di daerah Maluku, banyak keragaman yang dikembangkan lewat berbagai alat musik tradisional. Salah satu alat musik yang dikembangkan berasal dari dasar laut, yakni kulit bia.

Seiring berjalannya waktu, pengembangan kulit bia ini pun berubah bukan hanya sebagai kerajinan tangan, melainkan dipakai sebagai alat musik tiup.

Masyarakat Hutumuri sendiri memiliki pemikiran positif terhadap musik yang terbuat dari kulit bia ini. Apalagi pada masa ini, musik tradisional ini sering dipakai sebagai bagian dari kegiatan ritual masyarakat.

Bagi mererka alat Musik Tahuri perlu dikembangkan menjadi suatu alat musik yang dapat menggambarkan jati diri anak negeri Hutumuri. (IWU)

Most Popular

To Top