Taman Nasional Manusela Terbakar – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Taman Nasional Manusela Terbakar

MASOHI,AE—Kebakaran hutan   di wilayah Kecamatan Seram Utara dan Seram Utara Barat kian meluas. Api menjalar hingga  menjangkau  kawasan hutan  Taman Nasional Manusela. Total luas hutan yang terbakar  ditaksir sudah mencapai 51 ribu hektar.

Namun, pemerintah Kabupaten Maluku Tengah mengalami kesulitan dalam melakukan pemadaman. Jangankan itu, upaya untuk melokalisasi kebakaran agar tidak meluas juga  tidak kuasa dilakukan.

“Kita sudah melalukan berbagai upaya padaman bahkan dengan melibatkan instansi  vertical di Kabupaten Maluku Tengah namun api kawasan yang terbakar makin bertambah luas.  Saat ini  api sudah menjalar ke kawasan hutan Taman Nasional Manusela,” ungkap bupati kepada pers di Masohi, Senin (11/10).

Bupati mengakui bahwa upaya memadamkan api hanya bisa dilakukan dengan dukungan peralatan yang memadai. Ini lantaran jarak lokasi kebakaran dari jalan umum relative sangat  jauh.  Kondisi ini diperparah dengan tidak adanya sumber-sumber air  yang bisa digunakan untuk memadamkan api.

“Kita sudah berupaya melakukan pemadaman tapi dengan ketersediaan perlatan seadanya namun tidak mampu mengendalikan api. hanya dengan peralatan memadai dari BNPB pusat saja pemadaman dapat dilakukan,” singgungnya.

Lantaran itu, bupati berharap agar  pemerintah pusat melalui BNPB dapat  mengambil langkah cepat agar kobaran api dapat segera dihentikan.  Karena bila tidak, dipastikan, lokasi kebakaran bisa meluluhlantakan seluruh kawasan hutan di pulau Seram.

“Kondisi yang terjadi terus kita koordinasikan dengan pemerintah provinsi. Semoga koordinasi internas pemerintah provinsi secepatanya membuahkan hasil agar pemadaman dapat segera dilakukan,” harap bupati. (MYX)

Most Popular

To Top