Pemkab Bersama DPRD Gelar Peringatan 1 Muharam – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pemkab Bersama DPRD Gelar Peringatan 1 Muharam

Pemerintah Kabupaten Buru dan jajaran bersama DPRD dan Muspida Kabupaten Buru, Rabu lalu (14/10) menggelar peringatan 1 Muharam. Kegiatan ini dipusatkan di Mesjid Al Buruj Namlea.

Kegiatan peringatan 1 Muharam juga diisi dengan doa bersama untuk kemajuan dan kebaikan kabupaten berjuluk Bupolo, dan juga dijauhkan dari marabahaya, bencana dan fitnah, serta mendoakan agar Kabupaten Buru tetap dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Buru Juhana Soedrajat. Dalam arahannya, ia meminta masyarakat Kabupaten Buru untuk mewujudkan akhlak Islami di tahun baru Islam 1437 hijriah.

Dikatakan, 1 Muharam merupakan hari yang bersejarah bagi seluruh umat muslim di dunia. Hari yang merupakan tahun baru Islam itu merupakan hari dimana umat Islam harus hijrah dari perbuatan yang tidak baik ke perbuatan yang baik, serta berusaha memiliki pandangan hidup yang agamis dan positif.

Pada kesempatan yang sama, Soedrajat mengatakan, umat Islam sudah seharusnya menjalankan perintah Allah SWT dan berpedoman pada Al Quran. Untuk itu, sebagai orang dewasa, wajib hukumnya mengajarkan yang terbaik untuk anak-anak mereka seperti mewajibkan anak-anak untuk mengaji dan belajar membaca Al Quran.

Sebagai bentuk keseriusan untuk pembinaan umat khususnya untuk pendidikan anak usia sekolah, Pemkab Buru telah mencanangkan program Gelora (Gerakan Bupolo Magrib Mengaji) dimana, anak-anak usia sekolah harus bisa membagi waktunya antara bermain dan mengaji.

Terkhusus program Gelora, untuk mewujudkan program tersebut, maka anak-anak dilarang bermain pada waktu shalat Magrib sampai selesai waktu shalat Isya. Karena dalam waktu tersebut, anak-anak diwajibkan untuk mengaji dan sholat berjamaah di mesjid atau TPA-TPA yang ada di lingkungan masing-masing.

“Salah satu kewajiban orang tua adalah mendidik anak-anaknya dengan ilmu agama, terutama dengan Al-Qur’an, karena kita menyadari sungguh bahwa membina generasi penerus merupakan sebuah tanggung jawab yang sangat berat, apalagi bila dikaitkan dengan kondisi kehidupan masyarakat kita saat ini yang mulai bebas memperoleh informasi dan menyampaikan ekspresi.

Untuk itu, Gelora merupakan salah satu proses untuk menjadikan generasi bangsa menjadi berakhlak mulia,” jelasnya.

Lanjutnya, perkembangan generasi muda merupakan penerus tongkat estafet pembangunan daerah, bangsa, dan negara menuju arah yang lebih baik. Untuk itu sudah sepatutnya dibimbing ke hal yang lebih baik.

“Saya optimis, dengan semakin banyaknya kegiatan yang dilaksanakan, tujuannya semata-mata untuk membina generasi muda yang Islami di daerah ini,” ujar Wakil Bupati Buru. (CR8)

Most Popular

To Top