Lawan Sepadan Buat Thomas Pentury – Ambon Ekspres
Trending

Lawan Sepadan Buat Thomas Pentury

Ambon, AE— Panggung demokrasi di kampus Universitas Pattimura mulai dibuka. Pemilihan rektor periode 2016/2020 mulai diproses. Jabatan Thomas Pentury sebagai rektor saat ini akan berakhir pada Februari 2016 mendatang.

Komisi Pemilihan Calon Rektor (KPCR) yang diketua Dekan Fakultas Hukum, Jantje Tjiptabudi baru saja bekerja dan belum membuka pendaftaran bakal calon. Beberapa guru besar di kampus biru tersebut sudah mempersiapkan diri, bahkan melakukan sosialisasi sebagai calon rektor, secara tertutup bahkan terbuka.

Dari informasi yang dihimpun Ambon Ekspres di kampus tersebut, ada beberapa bakal calon yang telah siap untuk bertarung merebut kursi nomor satu Unpatti Ambon. Mereka diantaranya, Rektor Unpatti Ambon sekarang, Prof. Dr. Thomas Perntury, Prof. Dr. Tonny Pariella, Prof. Dr. M. J. Sapteno yang saat ini menjabat Pembantu Rektor II, mantan Wakil Menteri Perindustrian Indonesia Prof. Dr. Alex Retraubun, dan Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy.

Jumlah nama bakal calon rektor bisa dipastikan akan terus bertambah seiring aspirasi yang akan muncul dari masing-masing fakultas. Seperti Fakultas Pertanian yang pada pemilihan rektor periode sebelumnya mengusung satu calon internalnya.

Dari lima calon yang terdengar, semuanya memiliki kesempatan yang sama. Semuanya telah memiliki pendukung masing-masing dikalangan anggota senat universitas. Bahkan ada beberapa calon yang mengklaim telah memiliki sekitar 20 lebih suara anggota senat. Hal tersebut sangat beralasan, misalnya Prof. Dr. Tony Pariella, dari pengalaman pada pencalonan periode sebelumnya boleh jadi telah memperkuat basis.

Sedangkan Prof. Dr. M. J. Sapteno, pada periode sebelumnya merupakan calon yang diusung oleh Fakultas Hukum. Tentu saja bakal mendapat dukungan fakultas tersebut, ditambah sejumlah guru besar lainnya. Isunya, beberapa anggota senat telah menyatakan dukungan terhadap Sapteno, terutama sejumlah guru besar yang kecewa dan tidak sejalan dengan Pentury.

Sedangkan Prof. Dr. Thomas Pentury sendiri selaku Incumbent, telah mempersiapkan diri untuk menduduki jabatan rektor untuk kedua kalinya. Khusus Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy dan Prof. Dr. Alex Retraubun, belum terlalu terdengar. Tapi diyakini, Leiwakabessy selaku guru besar FKIP akan mendapat dukungan fakultas tersebut.
Pada konfrensi pers yang dilakukan Rektor Unpatti, Pentury mengatakan, KPCR sementara bekerja, telah menyusun tata cara dan kriteria pemilihan rektor. “Saya berharap semua bisa berjalan dengan baik,” terangnya.(ADI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!