PDIP Siap Singkirkan Richard Louhenapessy – Ambon Ekspres
Trending

PDIP Siap Singkirkan Richard Louhenapessy

AMBON,AE— Pemilihan walikota dan wakil walikota Ambon baru akan dilaksanakan pada tahun 2017. Namun, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah mulai memasang strategi, menyambut pesta demokrasi itu nanti. Beberapa kader PDIP  sudah disiapkan. PDIP berobsesi menjadi pemenang dalam Pilwalkot itu.

Beberapa nama di internal PDIP yang digadang-gadang akan ‘dijual’ dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Ambon nanti  diantaranya sekretaris  DPD PDIP Maluku Lucky Wattimury, wakil ketua bidang pemenangan pemilu (Bapilu) DPD PDIP Maluku  Thobyhend Sahureka. ketua DPC PDIP kota Ambon James Matita, dan sekretaris DPC PDIP kota Ambon  Jafry Taihuttu.

Ketua DPD PDIP Maluku Edwin Huwae mengatakan,  kendati  saat ini  masih  fokus untuk Pilkada serentak di empat kabupaten di Maluku, Desember nanti, namun pihaknya akan tetap turut ambil bagian dalam hajatan demokrasi di kota Ambon itu.

Huwae mengakui, sebagai partai besar, PDIP memiliki banyak kader potensial yang dapat dijagokan untuk diperjuangkan sebagai Walikota Ambon periode 2017-2022. Namun, sebelum sampai pada keputusan itu, harus melalui beberapa tahap diantaranya survei  figur.

“PDI  perjungan  punya mekanisme rekrutmen calon kepala daerah itu, kan baku. Dimulai dengan proses penerimaan pendaftaran. sampai dengan proses penjaringan. Kemudian, ada mengikut sertakan phisikolog . Dan setelah ditetapkan, harus ikut sekolah partai,” kata Huwae kepada Ambon Ekspres di Balai Rakyat, Karang Panjang, Ambon, senin (19/10).

PDIP untuk melahirkan calon kepala daerah, melalui proses-proses yang penting.  Karena bagaimana pun, berkaca dari pengalaman-pengalaman kepemimpinan di kabupaten/kota, ada banyak hal yang mesti dibenahi. Terkait dengan pengetahuan figur.

Kendati demikian, Huwae menegaskan, PDIP tidak hanya menjagokan kader partai dalam hajatan politik praktis.   Sebagai partai terbuka,  pihaknya  terbuka bagi siapa saja, pada semua anak bangsa di Maluku. Dan itu sudah dibuktikan dengan dukungan yang diberikan kepada calon bupati kabupaten Seram Bagian Timur, Siti Umuria Suruwaky.   “ Kalau kemudian ada yang lebih diantara calon-calon yang ada, dan kebetulan itu dari eksternal PDIP perjuangan, pun tidak masalah,” ungkapnya.

Ketua DPRD provinsi Maluku itu melanjutkan,   bagi PDIP yang penting adalah figur yang dicalonkan itu mampu mengimplementasikan ideologi PDIP yaitu kebangsaan, nasionalilsme, dan program Trisakti. Berkepribadian di bidang politik, ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan. “ Tiga hal itu yang menjadi program perjuangan partai,”tegasnya.

Dijelaskan, memang tujuan politik adalah untuk merebut kekuasaan secara konstitusional, tapi menang dalam Pilkada bukan merupakan tujuan akhir partai besutan Megawati Soekarno Putri itu. Bagi PDIP, menang Pilkada adalah mendaratkan politik pengabdian dan  pelayanan masyarakat.

“Tujuan kita bukan  melulu harus menang. Tujuan kita adalah melahirkan pemimpin yang bisa mengabdi dan melayani masyarakat kota Ambon. Jadi PDIP tidak memasang target untuk  mengusung kader sebagai calon walikota atau wakil walikota,” jelasnya.

Wakil ketua bidang pemenangan pemilu (Bapilu) DPD PDIP Maluku, Thobyhend Sahureka mengatakan, sesuai aturan yang berlaku di internal PDIP, tentu persiapan menyongsong Pilkada Ambon akan melalui proses yang sistematis. Sesuai arahan dari DPP PDIP bagi semua figur, terutama kader partai, yang ingin maju, harus berproses dengan masyarakat, melakukan konsolidasi-konsolidasi dengan masyarakat untuk mendapat dukungan. Sehingga, nantinya pada waktu di survei, bisa mendapatkan nilai yang signifikan untuk diusung oleh partai.

Ditanya  tentang kesiapan dirinya untuk maju dalam  pencalonan nanti, Sahureka mengungkapkan, hingga saat ini dirinya belum berfikir ke arah itu. Namun, bila diberikan kepercayaan oleh partai, akan dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab

“Saya kira semua kader partai tetap akan siap untuk menjalankan agenda partai. Selaku kader partai, kita kan disiapkan untuk merebut kekuasaan. Kekuasaan itu direbut dalam rangka mengimplementasikan keinginan partai politik atau konstitusi partai politik.   untuk menciptakan kesejahteraan rakyat. Itu tujuan dari kerja PDIP,” katanya.
Menyoal obsesi PDIP dalam Pilkada Ambon nanti,  Sahureka menegakan, partai berlambang  moncong putih itu tentu harus merebut kursi walikota Ambon. Itu adalah target yang akan diperjuangkan. “Ambon 1 (walikota-red) dong. Kita kan partai pemenang Pemilu di kota Ambon. Dan oleh karena itu, kita ingin merebut Ambon 1. Sudah pasti ada itu,”tegasnya.

Sekretaris DPC PDIP kota Ambon  Jafry Taihuttu menolak untuk memberikan tanggapan ketika ditanya tentang kesiapan dirinya bila dijagokan oleh DPP PDIP. Semua tergantung dari mekanise partai.

Sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) DPP, PDIP harus bisa mengusulkan calon Walikota Ambon, disamping bisa juga mengusulkan calon wakil walikota. Dan sebagai tindak  lanjut dari  hasil rapat kerja DPC PDIP, September lalu, saat ini Bapilu DPC PDIP kota Ambon sedang berproses, menganalisa dan mengkaji kekuatan internal maupun eksternal. Mulai dari ranting hingga anak cabang PDIP, berkaitan dengan suksesi Pilkada Ambon nanti.

“Termasuk mennganalisa kader-kader, ada pak Lucky Wattimury, Hendrik Sahureka, dan  James Maatita. Kalau saya, sendiri,  tunggu hasil analisa. Prinsip bagi PDI Perjuangan, sesuai dengan hasil keputusan rapat kerja DPC PDIP kota Ambon, kader atau non kader,  harus menang,”  sebutnya.

Menyoal batas akhir kerja Bapilu, Tahitu mengatakan, DPC partai masih memberikan kesempatan kepada Bapilu untuk bekerja, termasuk  menganalisa isu yang sedang berkembang di masyarakat yang   disampaikan oleh stakeholder. Baik   tokoh  agama, tokoh adat, maupun  tokoh pemuda.

Hasil kerja Bapilu akan direkomendasikan kepada DPC kota Ambon untuk dikaji lagi secara bersama  untuk selanjutnya disampaikan kepada DPD partai, untuk merumuskan arah dan haluan  politik PDIP.  “ Karena kita musti juga berkoalisi  dengan partai lain. Jadi kita lagi godok di dalam.  Terkait skala prioritas kader  juga lagi digodok,”pungkasnya. (MAN)

Most Popular

To Top