Dinas Pendidikan Dorong Sekolah Gunakan CCTV – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Dinas Pendidikan Dorong Sekolah Gunakan CCTV

Beberapa sekolah di Kabupaten Buru khusunya yang di Kota Namlea mulai menggunakan kamera Closed Circuit Television (CCTV). Sekolah-sekolah yang sudah menggunakan CCTV umumnya adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pantauan di Kota Namlea, hampir semua sekolah tingkat SMA dan SMP sudah menggunakan kamera CCTV di ruang-ruang kelas/ruang belajar. Begitu juga di ruang tamu dan di halaman sekolah.

Keputusan untuk menggunakan kamera CCTV juga didukung Dinas Pendidikan Kabupaten Buru. Institusi pemerintah yang menaungi pelaksanaan pendidikan di daerah ini mendorong sekolah menggunakan kamera CCTV.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru, Norman Hamzah yang ditemui di Namlea, Senin lalu (19/10) mengaku, penggunaan kamera CCTV bukan hal yang luar biasa. Namun lebih ditekankan pada manfaat penggunaannya yang cenderung baik untuk kelancaran proses belajar mengajar.

Kata Norman, jika guru sementara memberikan pelajaran dan ditengah jam pelajaran guru tersebut meninggalkan kelas untuk keperluan sesaat, maka kamera CCTV lah yang berfungsi melakukan kontrol atau pengawasan terhadap siswa dan kententraman di kelas.

Para siswa yang mengetahui adanya CCTV, lanjut dia, tidak akan berani melakukan hal-hal yang melanggar ketertiban dan ketentuan sekolah saat proses belajar mengajar masih berlangsung. “CCTV merupakan salah satu media memperlancar proses belajar mengajar di sekolah,” akuinya.

Secara umum, akui dia, keberadaan CCTV dapat membantu sekolah dalam semua hal. Saat tidak ada aktivitas di sekolah atau hari libur keberadaan CCTV sangat membantu dan mendukung dalam aspek keamanan sekolah.

“Orang yang berniat jahat ingin mencuri atau apapun akan terekam kamera CCTV sekolah, dan itu akan mempermudah pihak sekolah dan pihak berwajib melakukan penyelidikan,” tandasnya.

Ditempat berbeda, beberapa guru yang ditemui di Namlea mengatakan, penggunaan kamera CCTV di sekolah itu sangat positif. Dengan adanya kamera CCTV di kelas, dapat mengurangi kebiasaan buruk siswa seperti menyontek saat ujian atau ulangan.

“Para siswa akan menjadi termotivasi untuk belajar agar tidak menyontek. Karena kalau menyontek akan diketahui oleh para guru. Intinya, semua aktivitas siswa di kelas akan mudah diketahui karena ada rekaman CCTV,” ungkap salah satu guru di Namlea. (CR8)

Most Popular

To Top