KONI Pusat Tatar Pelatih Cabor Unggulan di Maluku – Ambon Ekspres
Olahraga

KONI Pusat Tatar Pelatih Cabor Unggulan di Maluku

Suratman : Prestasi Tak Lahir Secara Instan

AMBON, AE.—Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menggelar penataran pelatih tingkat dasar cabang olahraga unggulan kabupaten/kota seluruh Indonesia menuju Asian Games 2018 tingkat Provinsi Maluku di Kota Ambon.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (20-22 Oktober) itu berpusat di salah satu hotel ternama di Kota Ambon. Sejumlah pelatih muda dari cabang olahraga (cabor) unggulan di Maluku ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Tujuannya adalah tercetusnya prestasi dari cabor unggulan dari provinsi timur Indonesia, dibawah naungan KONI Maluku.

Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat, Tono Suratman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Harian KONI Maluku mengatakan bahwa, pembinaan para pelaku orahraga diantaranya bagaimana membina kemampuan pelatih. Pihaknya ingin adanya peningkatan, kemampuan kepada para pelatih kita, sehingga secara nasional, dan dilakukan secara marathon.

’’ Penataran pelatihan pelatih ini kami telah lakukan di beberapa daerah di Indonesia dan saat ini (kemarin) giliran di Maluku. Ini semata-mata kaitannya untuk membiana para pelatih untuk persiapan Asian Games 2018,’’ tandas Suratman.

Kata Suratman, komponen pembinaan olahraga ada tujuh, pertama kebijakan, kedua organisasi, ketiga atlet, keempat sarana prasarana, kelima kompetisi, keenam pembinaan para pelaku olahraga dan terakhir adalah anggaran.’’ Kami berharap agar KONI daerah (Maluku) bisa mengedepankan cabor unggulan seperti dayung, tinju, atletik yang punya potensi cukup besar,’’ harapnya.

Dikatakan, prestasi olahraga tidak bisa secara instan, butuh proses panjang.’’ Atlet itu dilatih, didukung dengan sarana prasana yang memadai, maka akan menghasilkan prestasi yang bagus dan membanggakan kita semua. Jadi, semua tergantung KONI daerah. Mudah-mudahan, para peserta yang melakoni kegiatan ini bisa menyerap ilmu yang disampaikan oleh narasumber sehingga bisa diaplikasikan saat di lapangan,’’ kuncinya.

Sementara itu, Kethar KONI Maluku, Toni Pariela mengatakan, pelatihan dasar ini merupakan agenda KONI Pusat yang dibawa ke Maluku.’’ Dari kegiatan ini terlihat bahwa ada pemikiran besar terhadap pembinaan olahraga di Maluku. Banyak potensi atlet yang ada di daerah ini. Hal ini menjadi dasar untuk olahraga berbasis potensi yang bisa dikembangkan,’’ jelas Pariella kepada Ambon Ekspres di sela-sela kegiatan.

Pariella berikan apresiasi terhadap ide dari KONI Pusat yang bekerjasama dengan KONI Maluku untuk melaksanakan kegiatan ini.’’ Kami sangat berharap kegiatan ini terus dilakukan secara berkala. Jangan pelatihan tingkat dasar saja, akan tetapi ada penataran pelatih untuk level yang lebih tinggi,’’ harapnya.

Masih versi Pariela, olahraga itu butuh pembinaan dan dukungan yang kuat dari semua aspek.’’ Kami sangat ingin pelatih cabang olahraga unggulan di Maluku bisa melahirkan talenta-talenta muda yang unggul sehingga kedepan bisa memberikan prestasi bagi daerah ini,’’ jelasnya.

Penataran itu, imbuh Toni, diikuti puluhan pelatih dari berbagai cabang olahraga unggulan di Maluku.’’ Ada tiga narasumber dari KONI Pusat, yakni Haris Nogroho M.Or, Dr Leane Suniar serta Dr Nurrosi Nurasjati. Ada juga pemateri dari KONI Maluku. Semoga kegiatan berjalan sesuai dengan harapan kami,’’ pungkasnya. (ZAL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!