Pilih Raja Dengan 50 Ribu Pemilih – Ambon Ekspres
Trending

Pilih Raja Dengan 50 Ribu Pemilih

AMBON, AE— Jumlah pemilihnya lebih besar dari jumlah pemilih pada Pemilihan kepala daerah Aru 9 Desember mendatang, dan sebanding dengan pilkada Buru Selatan. Pemilihan raja Batumerah, akan berlangsung dengan daftar  pemilih tetap lebih dari 50 ribu orang. Sudah lima bakal calon siap bertarung, siapa pemenangnya, modal politik juga sangat menentukan.

Panitia pemilihan (panpil) siap membuka pendaftaran bakal calon raja negeri Batumerah. Itu artinya genderan politik mulai ditabu di negeri berjuluk Hatukau. Masyarakat pun dibuat antusias menanti rapat pleno pembukaan pendaftaran yang dikabarkan akan berlangsung terbuka pada Rabu 21 Oktober 2015, besok.

Dari pantauan Ambon Ekspres, beberapa spanduk pengumuman penadaftaran terpampang, disejumlah titik strategis di negeri itu. Bahkan satu buah spanduk berukuran jumbo dipasang tepat di depan kantor negeri batumerah itu. Dari informasi yang diterima koran ini, pemasangan spanduk tersebut merupakan kesiapan panitia dalam melaksanakan tahapan pemilihan.

“Ya, setelah menyelesaikan beberapa tahapan awal, kami panitia sudah siap melaksanakan tahapan selanjutnya yakni pleno pembukaan pendaftaran bakal calon. Insya Allah dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober,” ungkap Ketua Panitia Pemilihan Raja Negeri Batumerah Irsal Lisaholet.

Pleno yang dilaksanakan nanti bersifat terbuka untuk umum. ”Pleno akan dilaksanakan di depan kantor desa secara terbuka, kami berpikir masyarakat mempunyai andil besar dalam pelaksanan pemilihan ini. Sehingga perlu disetiap tahapan masyarakat juga bisa melihat langsung,” jelasnya.

Ditanya soal besar uang pendaftaran, Lisaholet mengatakan, uang pendaftaran yang dibebankan bagi bakal calon sebesar Rp25 juta.” Sesuai keputusan saniri, biaya pendaftaran sebesar Rp25 juta. Biaya tersebut akan dipakai untuk pelaksanaan tahapan pemilihan,” kata dia.

Lisaholet mengatakan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) sedang susun. “ Kami belum bisa berspekulasi, karena DPT masih sedang disusun karena ada beberapa Daftar Pemilih Sementara (DPS) berada di tangah RT, tetapi dari data pemilih mencapai 55.509 orang,” jelasnya.

Lisaholet mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah negeri maupun pemerintah kota terkait tahapan pemilihan yang akan dilakukan.” Pemerintah kota meminta panitia untuk menyurati mereka terkait kebutuhan surat dan kotak suara serta pengamanan,” bebernya.

Dikatakan, bila semua tahapan yang ditetapkan berjalan baik,  penyelenggaraan pemungutan dan perhitungan suara akan berlangsung pada tanggal 14 November.

Ketua Saniri Ongen Tahalua, saat dikonfirmasi mengatakan, saniri bersama pemerintah negeri akan terus memonitoring setiap tahapan yang dilaksanakan oleh panitia.“ Setelah proses yang cukup panjang, akhirnya panitia sudah bisa membuka pendaftaran. Tentunya kami saniri bersama pemerintah negeri akan mengontrol tahapan ini, bila terjadi gangguan maka kita akan bicarakan lagi,” tuturnya.

Dikatakan, siapapun berhak mencalonkan diri selama memenuhi persyaratan,” Siapapun bisa mencalonkan diri, selama memenuhi persyaratan dan ketentuan yang sudah diatur oleh panitia,” terangnya.

Dia berharap, pelaksanaan pemilihan raja di negeri Batumerah berjalan aman dan damai hingga terpilihnya raja yang definitif.” Jadi para bakal calon diberi keleluasaan untuk sosialisasi dan konsolidasi, namun harus dengan mengedepankan nilai-nilai demokrasi. Siapapun yang terpilih nanti merupakan pilihan semua masyarakat negeri Batumerah,” pungkasnya.

Dino Lisaholet salah satu kandidat mengatakan, pembukaan pendaftaran oleh panitia menunjukan progres yang positif bagi terlaksananaya pemilihan di negeri itu.” Kalau saya pribadi, langkah panitia ini sangat baik, karena selama ini masyarakat terus bertanya, kapan dan kapan pemilihan raja,” tuturnya.

Sebagai calon yang akan maju, Lisaholet menambahkan, siap untuk mengikuti semua tahapan yang ditetapkan oleh panitia.” Dari awal saya sudah siap untuk maju dengan dasar rekomendasi yang diberikan oleh salah satu soa parentah. Olehnya itu setiap tahapan dan peraturan yang ada saya akan ikuti,” katanya.

Ditanya soal, basis massa dan strategi apa yang dipakai untuk mendulang suara, Lisaholet enggan berkomentar banyak.” Yang pasti basis suara sudah ada, kalau strategi nanti kita lihat saja setelah pendaftaran ini,” kuncinya.
(ARI)

Most Popular

To Top