Kerajinan Maluku Harus Siap Bersaing – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Kerajinan Maluku Harus Siap Bersaing

Meningkatkan potensi kerajinan di Maluku terus dilakukan, sehingga dapat bersaing dengan produk kerajinan secara global.

Menurut Nico Risakota, banyak masyarakat Maluku yang memiliki potensi kerajinan. Olehnya itu, para pengrajin yang ada terus di asah kreativitas serta kualitas sehingga dapat menghasilkan kerajinan yang mampu bersaing dengan di daerah lainnya.

Maluku memiliki segudang perajin yang apabila dimanfaatkan secara baik mereka dapat menghasilkan karya yang berkualitas sehingga mampu bersaing dengan daerah lainnya.

“Kita terus melakukan pembinaan-pembinaan terhadap perajin. Pembinaan yang paling utama adalah merubah cara berfikir agar mereka semakin mencintai kerajinan.

Selain itu mereka juga diajarkan cara olah produk pangan dan beberapa pelatihan penting lainnya sehingga hasil kerajinan mereka sesuai dengan apa yang diharapkan,”harap Kordinator Business Center Disperindag Maluku ini.

Ia melanjutkan, beberapa kerajinan yang paling diminati oleh pembeli diantaranya kerajinan bunga dari patung ukiran, batok kelapa, pajangan lampu dari bambu dan sebagainya.

“Semuanya itu bisa dilihat di Business Center karena kantor tersebut digunakan untuk ruang percontohan atau te[atnya sebagai ajang untuk promosi,”terangnya.

Selama ini memang ada beberapa kendala yang mereka hadapi akuinya, seperti keterbatasan peralatan kerja, tenaga ahli, dan beberapa kendala teknis lainnya.

“Kita memiliki beberapa kendala teknis tapi itu bukanlah penghalang untuk terus berkarya. Buktinya hasil kerajinan tersebut telah kita distribusikan ke beberapa daerah di luar Maluku,” jelasnya.

Saat ini, lewat kegiatan pameran para pengrajin berharap kerajinan dari Maluku semakin diminati dan para pengrajin juga terus memperkaya kreativitas. (IWU)

Most Popular

To Top