Penataan Pasar Inpres Namlea Mulai Dilakukan – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Penataan Pasar Inpres Namlea Mulai Dilakukan

Kondisi pasar Inpres Namlea yang sudah sangat semraut sekarang, perlahan mulai dibenahi. Langkah pembenahan dilakukan oleh Pemkab Buru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Kebijakan pembenahan ini dilakukan menyusul adanya instruksi Bupati Buru Ramly Umasugi kepada pihak terkait untuk segera melakukan penataan di pasar itu sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pedagang dan masyarakat.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Buru, A.M. Padang yang ditemui di lokasi penataan pasar Inpres Namlea, Rabu kemarin (21/10) mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi sebelum dilakukan pembongkaran lapak-lapak milik pedagang di pasar tersebut.

Bahkan jauh-jauh hari, pihak Disperindag sudah mulai melakukan sosialisasi kepada para pedagang. Dan hasilnya, pembongkaran lapak dilakukan sendiri oleh pemilik lapak dan dibantu pihak Disperindag. “Pembongkaran dilakukan tanpa ada perlawanan maupun komplain dari pihak pedagang,” ujarnya.

Lanjut Padang, setelah pembongkaran langsung dilakukan kegiatan pembangunan kembali lapak-lapak secara semi permanen. Dananya berasal dari DAU Kabupaten Buru. “Penataan areal itu dilakukan agar pasar terlihat rapi dan teratur,” ujarnya.

Disinggung mengenai pedagang yang akan menempati bangunan atau lapak nanti, Padang mengatakan, setelah pembangunan selesai, baru akan dilakukan pengambilan undi untuk pedagang yang ingin menempati bangunan baru nanti. Hal itu dilakukan agar menghindari salah paham, dan untuk memberikan rasa keadilan bagi seluruh pedagang.

Ia mengatakan, dengan ditatanya bangunan pasar, maka jalanan di depan kawasan pasar itu juga akan ditata khususnya untuk parkiran kendaraan roda dua.

Ia mengaku, setelah selesai penataan pasar di bagian depan, maka akan dilanjutkan dengan penataan dibagian dalam pasar. “Penataan pasar ini akan dilakukan secara berkesinambungan agar pasar Inpres Namlea itu terlihat tertata dengan baik,” tandasnya. (CR8)

Most Popular

To Top