Pentingnya Jaga Kesehatan Telinga, Gigi dan Mata Anak – Ambon Ekspres
Kesehatan

Pentingnya Jaga Kesehatan Telinga, Gigi dan Mata Anak

Kesehatan mata, telinga, dan gigi penting untuk dijaga. Terlebih lagi pada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar, Kementerian Kesehata, drg Kartini Rustandi, MKes, mengatakan namun sayangnya masih banyak anak yang kesehatannya kurang diperhatikan. Hal ini diketahui dari masih tingginya angka masalah seperti karies gigi, kelainan mata refraksi, dan telinga tersumbat.

“Kalau mata hampir 10 sampai 20 persen anak-anak ada gangguan penglihatan. Tapi baru sekitar dua persen saja yang dapat pelayanan kesehatan,” kata drg Kartini ketika ditemui detikHealth pada acara bakti sosial di SDN 01 Pinang Ranti, Jakarta Timur, pada Rabu (21/10/2015).

Orang tua perlu ingat untuk lebih memerhatikan kesehatan anak dan membawanya ke puskesmas bila ada keluhan. Bila misalnya saja kesehatan mata, telinga, atau gigi anak terganggu efeknya pasti bisa sampai ke prestasi akademis.

“Gigi, mata, dan telinga itu meningkatkan kualitas kehidupan anak. Coba kalau mata gak jelas dan telinga gak dengar belajarnya akan susah. Terus kalau giginya sakit tentu akan susah, fungsinya mengunyah kalau bagus paling tidak makannya bagus dan gizi terserap dengan baik,” papar drg Kartini.

Anak-anak yang disekolah terlihat bandel atau sulit diatur bisa saja karena memiliki masalah di tiga bagian tersebut. Karena sulit melihat papan tulis, sulit mendengar instruksi, dan sakit gigi anak bisa tak mau diam tenang di kelas.

Menurut drg Kartini pemerintah daerah juga perlu lebih aktif menjaga kesehatan anak-anak. Unit Kesehatan Sekolah (UKS) misalnya bisa digalakkan sebagai upaya kesehatan promotif dan preventif. (fds/vit)

Most Popular

To Top