Brimob Bantu Padamkan Kebakaran Hutan – Ambon Ekspres
Metro Manise

Brimob Bantu Padamkan Kebakaran Hutan

AMBON, AE— Musibah kekeringan dan kebakaran hutan terjadi disebagaian besar wilayah Indonesia, termasuk di Maluku. Kebakaran hutan di daerah seribu pulau ini yang terbesar berpusat di Seram Utara dan Pulau Buru.

Api kian membesar hingga menghanguskan sekitar 65 ribu hektar hutan di kawasan Pulau Seram. Luasnya kebakaran hutan di Pulau Seram itu terhitung sejak akhir September lalu.

Upaya pemadaman telah dilakukan Pemprov Maluku, Pemkab Malteng, TNI/Polri serta masyarakat setempat. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda api bakal padam secara keseluruhan.

Untuk membantu proses pemadaman itu, aparat kepolisian dari Satbrimobda Polda Maluku juga diturunkan ke lokasi kebakaran. Mereka akan berupaya dengan aparat terkait untuk memadamkan api di Pulau Seram.

Sebanyak 2 pelaton personil brimob diberangkatkan dari Polda Maluku pada Rabu (28/10). “Kami sudah kirimkan dua pelaton personil brimob untuk memadamkan kebakaran hutan di kawasan Seram Utara,” kata Kasat Brimob Polda Maluku, Kombes Pol Herman Sikumbang kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Dikatakan, puluhan personil brimob yang berangkat ini dilengkapi dengan peralatan pemadam kebakaran. Tak hanya membantu memadamkan kebakaran hutan, mereka juga membantu TNI dalam mengevakuasi suku terasing di pedalaman Pulau Seram yang hingga kini masih terus dilakukan. “Personil ini kita berangkatkan dari Masohi.

Inilah kepedulian kita, sehingga personil yang kita turunkan itu, dapat melaksanakan tugas dengan baik guna membantu memadamkan kebakaran hutan dan evakuasi warga yang yang terkena dampak kebakaran hutan itu,” jelasnya.

Dikatakan, personil yang diterjunkan untuk melakukan pemadaman dikawasan Seram Utara itu, bertugas selama beberapa hari kedepan. “Memang sesuai rencana itu seminggu. Namun nanti kita lihat kembali. Kalau memang masih dibutuhkan maka tetap mereka berada di sana,” paparnya.

Sikumbang menandaskan, selain di Pulau Seram, pihaknya juga mengirimkan satu pelaton brimob untuk membantu memadamkan api di hutan Pulau Buru.

“Jadi total ada tiga pelaton anggota brimob. Dua kita kirim ke Seram Utara dan satu pelaton kita kirim ke Pulau Buru. Di Pulau Buru juga ada banyak titik api. Kita berharap mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik,” pesannya.(AHA)

Most Popular

To Top