Berdasarkan Survei, Sus-Goo Klaim Menang – Ambon Ekspres
Politik

Berdasarkan Survei, Sus-Goo Klaim Menang

AMBON, AE.—Ketua Tim Pemenangan calon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Seram Bagian Timur, Sitti Umuriah Suruwaky-Sjaifuddin Goo, Arobi Kilian optimis pasangannya menang. Ini berdasarkan hasil survei Sinergi Data Indonesia dan pantauan lapangan.

“Kita pakai SDI yang dipimpin Barkah Pattimahu. SDI telah melakukan survei sebanyak empat kali, dan berakhir pada September 2015. Hasilnya sementara, peluang kemenangan untuk pasangan Sus-Goo diatas pasangan lain sekitar 16.000 suara,”kata Kilian kepada Ambon Ekspres di Ambon, Jumat (30/10).

Ketua DPC Partai Demnokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) SBT itu mengaku, memang diawal survei, elektabilitas Sus-Goo jauh dibawah pasangan lain. Ini diakibatkan partai pengusung belum memberikan rekomendasi. “Tapi ketika partai memberikan rekomendasi secara resmi, elektabilitas pasangan ini melijit jauh diatas pasangan lainnya,”katanya.

Dia juga menyebut, untuk saat ini, pemilih yang belum menentukan pilihan sekitar 10-15 persen. Namun, lanjutnya, hal itu tidak dapat dijadikan indikator kemenangan, kendati semuanya memilih pasangan Abdul Mukti Keliobas-Fachri Husni Alkatiri.

Selain hasil survei, anggota DPRD itu menyatakan, peluang kemenangan juga diukur dari hasil sosialisasi dan kampanye pasangan Sus-Goo, serta pemetaan basis.”Saya sangat yakin, kalau pemilih yang datang saat kampanye, mereka pasti mencoblos calon tersebut.

Karena memang nyaris semua orang sudah menentukan pilihannya. Kalaupun ada massa dari pasangan lain yang ikut dalam kampanye, itu hanya sekitar 1 persen saja,”katanya.

Arobi mengaku, dari 16 kecamatan di SBT, hanya dua saja yang akan dimenangkan pasangan Mukti-Fachri, yakni Pulau Gorom dan Wakate.”Itu pun hanya Gorom. Kalau Gorom Timur, belum ada jaminan. Kalau mereka menang di Gorom Timur, itu pun karena kami lemah dalam melakukan pengawasan selama satu bulan kedepan,”ungkapnya.

Dia memastikan, untuk dapil I yang meliputi kecamatan Bula Barat, Bula Barat, Werinama, Siwalalat, dan Teluk Waru pasangan Sus-Goo pasti menang. Terutama Werinama dan Siwalalat yang merupakan daerah kelahiran mantan bupati SBT, Abdullah Vanath, itu sekitar 85 persen.

“Kalau Bula Barat kami tareget 80 persen, tinggal naik saja. Bula 55-60 persen karena menjadi sentral pemilih. Kalau Teluk Waru, itu kampungnya ibu Sitti, jadi kami pasti menang,”katanya.

Begitu juga dengan dapil III yang meliputi kecamatan Tutuk Tolu, Kian Darat, Lianfitu, Kilimuri, dan Seram Timur.”Jadi, nanti kita lihat saja dan buktikan apa yang saya katakan itu pada 9 Desember,”pungkasnya. (TAB)

Most Popular

To Top