DPRD Optimis Siswa UN Online 2016 – Ambon Ekspres
Amboina

DPRD Optimis Siswa UN Online 2016

AMBON, AE.—Komisi II DPRD Ambon yang membidangi pendidikan mengaku optimis tahun 2016 Kota Ambon akan menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) online atau computer based test (CBT). Untuk itu, Komisi II akan terus mendorong pemerintah daerah maupun pemerintah pusat sehingga proses UN online bisa berjalan dengan baik.

“Untuk kesiapan pelaksanaan UN online, sebagian sekolah sudah siap namun sebagian lagi belum siap karena keterbatasan sarana dan prasarana komputer,” tandas anggota Komisi II DPRD Ambon Christian Latumahina kepada Ambon Ekspres di Balai Rakyat DPRD Ambon, Jumat (30/10).

Politisi NasDem ini menjelaskan, dari pengakuan Kadis Pendidikan Kota Ambon, yang memiliki laboratorium komputer diataranya SMP Negeri 4, SMPN 6, SMPN 2 serta SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 6. Sementara sekolah yang lain belum memiliki laboratorium tersebut. Untuk kesiapan menghadapi UN online, kota Ambon sangat siap dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). Akan tetapi belum siap karena keterbatasan sarana dan parasana.

Menurutnya, dalam waktu dekat akan ada pendataan secara jelas untuk mengetahui sekolah mana-mana yang siap mengikuti UN online. Sehingga nantinya akan diakomodir oleh sistem dan walau tidak semuanya tapi sudah diikuti untuk online.

“Sampai Desember depan sekolah sudah siap, sudah harus masuk pendataan. Mungkin dalam waktu dekat kita bisa ketahui sehingga kesiapan bisa berjalan. Jadi untuk UN online ada keterwakilan dari sekolah pada jenjang yang sudah disiapkan. Untuk tingkat SMA, sesuai UU sistim pendidikan yang baru akan ditarik ke provinsi. Dan kota hanya hanya untuk tingkat SD dan SMP,” terang Latuhamina.

Hal senada ditambahkan, Anggota Komisi II Taha Abubakar. Menurutnya, sebagai barometer bagi kabupaten/kota di Maluku, maka Kota Ambon tahun 2016 bisa mengadakan UN online.

“Untuk Kota Ambon, kita tidak ragukan dari SDM nya, tapi terkait infrastruktur maupun sarana penunjang lainnya masih terbatas. Untuk itu, butuh dorongan serta koordinasi yang kuat oleh seluruh pihak,” tandasnya.

Politisi asal PPP ini berharap, Kota Ambon selalu siap jika sarana dan prasarana bisa dijamin pemerintah sehinggga kesiapan untuk melaksanakan UN online bisa terwujud. “Jika ada yang katakan Maluku belum siap, maka itu salah. Karena kita optimis Kota Ambon bisa,” tutur Taha. (ISL)

Most Popular

To Top