Fenomena Awan Misterius di Planet Mars – Ambon Ekspres
Coffe Break

Fenomena Awan Misterius di Planet Mars

Pada maret 2012 lalu, di planet mars muncul awan misterius dengan ketinggian ratusan kilometer. Fenomena awan aneh ini sebelumnya belum pernah terjadi, sehingga para ilmuwan bingung dengan peristiwa ini.

Penemu awan misterius di ini adalah ahli astronomi amatir, W. Jaeschke, saat itu para ilmuwan lainnya tidak terlalu memperhatikan penemuan Jaeschke. Tetapi, baru-baru ini fenomena awan misterius itu muncul lagi karena peneliti dari Universitas Basque di Spanyol berhasil mengabadikan awan misterius itu pada bulan April 2012 lalu.

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata awan misterius itu pernah tertangkap kamera teleskop Hubble pada tahun 1997.

Ilmuwan menyatakan tidak mungkin ada awan di ketinggian 200 kilometer di planet mars, karena awan misterius itu terbentuk hanya dalam waktu 10 jam dan tidak berpindah hingga 11 hari.

“Batas antara atmosfer Mars dan luar angkasa sangat tipis, jadi kemunculan awan tersebut sangat mengejutkan,” ujar Agustin Sanchez Lavega dari Universitas Basque, Daily Mail. Menurut penelitian di Natural Geoscience, kemungkinan awan misterius itu terbentuk dari air dan karbondioksida.

Beberapa ilmuwan lain mengatakan bahwa awan misterius itu adalah ‘aurora’ atau cahaya ‘kutub’ dari planet Mars. Awan misterius itu hanya muncul saat pergantian malam dan siang hari di planet Mars. (IS)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!