Waspada, Jamur dari Makanan Ternyata Juga Bisa Masuk ke Paru-paru – Ambon Ekspres
Kesehatan

Waspada, Jamur dari Makanan Ternyata Juga Bisa Masuk ke Paru-paru

Sering mencium-cium makanan berjamur untuk tahu sudah basi atau belum? Hati-hati, bisa jadi jamur tersebut malah masuk ke saluran pernapasan dan menginfeksi paru-paru.

Pakar kesehatan makanan dari United States Department of Agriculture (USDA), Food Safety and Inspection Service, Marianne H Gravely, mengatakan beberapa jenis jamur pada makanan diketahui bisa menyebabkan alergi. Yang paling parah, jamur juga bisa masuk ke paru-paru dan menyebabkan infeksi saluran napas.

Pada orang dengan daya tahan tubuh yang baik, infeksi jamur ke paru-paru hanya menyebabkan gejala penyakit mirip flu (flu like illness), yang antara lain membuat seseorang batuk, demam, nyeri otot, sakit kepala hingga rasa lemas. Namun jika kebetulan daya tahan tubuh jelek, jamur bisa mengendap dan menyebabkan pneumonia atau septicemia.

“Namun penyakit-penyakit berat seperti ini biasanya dialami oleh pasien HIV-AIDS yang secara umum daya tahan tubuhnya memang tidak bagus. Atau pengidap penyakit paru-paru yang tak diketahui atau tidak ditangani,” ungkap Marianne, dikutip dari NY Times, Jumat (30/10/2015).

Roti disebut Marianne merupakan jenis makanan yang paling mudah dihinggapi jamur. Namun masih ada juga orang yang menganggap roti berjamur tidak berbahaya asalkan bagian yang berjamur dibuang terlebih dahulu. Menurut Marianne, pendapat ini sangat tidak benar.

Ia menjelaskan bahwa bagian berwarna kehijauan, keunguan atau kekuningan yang menandakan roti berjamur hanyalah ‘puncak gunung es’ dari tanaman jamur itu sendiri. Akar jamur bisa jadi sudah menancap ke mana-mana namun tak terlihat oleh mata.

Apalagi jamur tidak hanya berbahaya karena racun yang dimilikinya saja. Beberapa jenis bakteri yang tidak terlihat oleh mata juga bersemayam di jamur dan bisa jadi ikut masuk ke tubuh jika Anda memakan makanan yang berjamur.

“Karena itu jika Anda melihat bercak jamur pada roti, segera tutup rapat dengan plastik dan buang ke tempat sampah yang tertutup. Jangan mencium rotinya dan segera bersihkan tempat Anda menyimpan roti entah itu di kulkas atau meja makan,” pungkasnya. (mrs/up)

Most Popular

To Top